Jelang New Normal, Wali Kota Batam Minta Semua Lingkungan Sekolah Bersih

INTREN.ID, BATAM – Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengingatkan kepala sekolah mulai dari TK, SD dan SMP untuk mengajak guru dan siswa menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.  Terutama di toilet yang selama ini sering kali tidak terurus dan kumuh.

Ajakan ini disampaikan terlebih menjelang dimulainya kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka pada saat New Normal. “Jaga kebersihan ini penting. Ada beberapa sekolah yang sudah saya kunjungi. Kebanyakan toiletnya tidak terurus,” kata Rudi.

Dijelaskannya, saat ini semua pihak harus membiasakan hidup yang sehat dan bersih. Tidak hanya di lingkungan tempat tinggal saja, tetapi juga di lingkungan kerja, sekolah, dan lainnya. Karena itu sekolah diajak segera melakukan perbaikan khususnya di toilet siswa.

Rudi juga meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam untuk mengecek seluruh sekolah yang ada di Batam. Termasuk dalam perbaikan toilet sekolah-sekolah yang mungkin tidak memiliki anggaran.

“Pihak sekolah segera koordinasi dengan Disdik. Saya ingin semua lingkungan sekolah bersih,” jelasnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam juga telah  memutuskan untuk memperpanjang kegiatan belajar mengajar di rumah hingga 13 Juli 2020 mendatang. Keputusan tersebut diambil berdasarkan masukan dari kepala sekolah TK, SD dan SMP, baik sekolah negeri ataupun swasta.

- ADVERTISEMENT -

Rudi berpesan kepada kepala sekolah bahwa 13 Juli 2020, Covid-19 belum tentu berakhir. Karena itu untuk kepala sekolah dan guru diwajibkan untuk mulai masuk kembali 2 Juni 2020 guna mempersiapkan protokol kesehatan saat anak-anak kembali sekolah Juli mendatang.

“Bapak ibu (Kepala Sekolah) harus memikirkan apa yang harus dilakukan di tanggal 13 Juli 2020. Karena prediksi saya Covid-19 belum berakhir. Maka mulai dari hari ini harus diperhatikan,” katanya.

Selain itu, Rudi juga mengajak bersama-sama untuk menghijaukan sekolah dengan menanam tanaman yang memiliki banyak manfaat. Pihak sekolah diimbau untuk berkoordinasi dengan Dinas Permukiman dan Pertamanan (Perkimtam) Kota Batam untuk penanaman pohon-pohon di sekolah.

“Jangan mewajibkan siswa untuk membawa tanaman. Koordinasi dengan Dinas Perkimtam tanaman apa yang bagus dan akarnya tidak merusak gedung,” tegas Rudi. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.