Jelang Kepulangannya ke Indonesia, Para TKI dari Malaysia Akan Ditampung dan Menjalani Karantina di Batam

INTREN.ID, BATAM – Rumah susun (rusun) jadi tempat pilihan Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk menampung para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan datang dari Malaysia.

Plh Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Batam, Yusfa Hendri mengatakan, pemilihan tempat tersebut merupakan hasil dari rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Kemarin sudah rapat bersama Forkompinda,” ucap Yusfa, Kamis (22/4/2021).

Dirinya juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu untuk kedatangan para pekerja tersebut.

Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai, seluruh pekerja migran yang datang ke Kota Batam nantinya akan menjalani masa karantina selama lima hari terlebih dahulu, sebelum menjalani PCR sebanyak dua kali. Setidaknya, ada 150 hingga 200 PMI akan datang setiap harinya.

“Seluruh biaya karantina akan ditanggung pemerintah. Nantinya pemerintah pusat juga akan memberikan bantuan untuk pemulangan pekerja ini,” ungkapnya.

Kebijakan pemerintah pusat, nantinya akan melonggarkan aturan pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang. Khusus para tenaga kerja Indonesia (TKI), pada tanggal tersebut bisa pulang ke daerahnya masing-masing.

“Seluruh pekerja migran katanya boleh pulang ke daerah masing-masing di tanggal tersebut. Tapi kami masih menunggu surat dari Kemenhub (Kementerian Perhubungan) untuk kepastiannya,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.