Jawab Kritik Konser di Tengah Pandemi, Ketua MPR: Belanda Masih Jauh

INTREN.ID, JAKARTA – Konser amal yang digagas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), MPR, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Ahad (17/5/2020) malam menuai kontroversi. Konser bertajuk “Berbagi Kasih Bersama Bimbo” itu dikritik lantaran dianggap tidak tepat dilakukan di masa pendemi virus corona baru (Covid-19).

Kritikan tersebut lantas dijawab Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Pria yang akrab dipanggil Bamsoet itu menyatakan, masyarakat tidak perlu marah atau bersikap nyinyir menyikapi penyelenggaraan konser tersebut.

“Belanda masih jauh. Sebaiknya enggak perlu ngomel dan nyinyir. Percayalah, berbuat dan berbagi, membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan itu indah,” tuturnya.

Kata Bamsoet, penyelenggaraan konser itu ditujukan untuk para seniman dan pekerja seni dan juga kelompok masyarakat lainnya yang terkena dampak Covid-19. Di antaranya meliputi para peternak, nelayan dan petani yang terdampak Covid-19.

“Ini konser virtual dari rumah masing-masing. Tidak ada kumpul-kumpul, yang ada di studio hanya Bimbo dan pembawa acara,” sebut Bamsoet.

- ADVERTISEMENT -

Pun demikian, dia menjawab tudingan adanya pencitraan di balik pelaksanaan konser itu. Menurut Bamsoet, hal tersebut sama sekali tidak ada. Apalagi penyelenggaraan Pemilu telah lewat.

Kritik atas penyelenggaraan konser ini sendiri banyak ditemui di linimasa Twitter. Malahan tanda pagar (tagar) #StopKonserUnfaedah menjadi trending topic di platform media sosial tersebut.

Kritik juga disampaikan Organisasi Sayap Partai Demokrat Bintang Muda Indonesia (BMI). Menurut BMI, BPIP selaku penggagas konser ini dianggap telah lupa pada tugas utamanya yaitu penguatan ideologi Pancasila.

“Kami kasihan pada BPIP, belum lagi polemik pada BPIP bahwa BPIP menyebut agama musuh Pancasila. Kini BPIP tengah berupaya tidak peka pada rakyat dengan menggelar konser itu,” kata Sekjen BMI Pusat Andi Mardan. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.