Jangan Sampai Salah, Ini Empat Bank Milik Negara

INTREN.ID, JAKARTA – Ada banyak bank yang beroperasi di Indonesia. Namun tidak semuanya milik negara. Sebagian besar justru didominasi oleh swasta.

Sebagian dari masyarakat Indonesia memang agak sulit membedakan mana bank negara dan swasta. Penggunaan nama yang ke-Indonesia-an dan beroperasinya di dalam negeri jadi sebab.

Untuk diketahui, di Indonesia terdapat empat bank yang dimiliki negara. Keempat bank ini merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Berikut daftarnya.

1. Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan bank yang berkantor pusat di Jakarta dan merupakan bank pertama di Indonesia yang total asetnya mencapai Rp 1.000 triliun. Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998, tetapi memiliki sejarah yang lebih panjang daripada itu.

Bank Mandiri merupakan gabungan dari empat bank pemerintah, yaitu Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Bank Mandiri memiliki lebih dari ribuan kantor cabang di seluruh Indonesia dan beberapa kantor cabang di luar negeri. Pantas saja kalau bank Mandiri menyandang predikat sebagai bank terbesar di tanah air.

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank Rakyat Indonesia berdiri pada tanggal 16 Desember 1895 di daerah Purwokerto, Jawa Tengah. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 tahun 1946 disebutkan bahwa BRI merupakan bank pemerintah pertama di Indonesia.

Selanjutnya BRI semakin berkembang dan memutuskan untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2003 sehingga namanya berubah menjadi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Porsi kepemilikan BRI saat ini adalah 70 persen oleh negara dan 30 persen oleh masyarakat. Apabila Anda juga ingin memiliki saham BRI, maka Anda dapat membuka rekening investor melalui perusahaan sekuritas terbaik.

3. Bank Negara Indonesia (BNI)

Bank Negara Indonesia didirikan pada tanggal 5 Juli 1946. BNI dibentuk oleh pemerintah untuk melayani seluruh lapisan masyarakat dan mendukung iklim perekonomian Indonesia yang sudah semakin strategis.

Saat ini, BNI memiliki lebih dari 1.000 kantor cabang di Indonesia dan beberapa kantor cabang di luar negari. Selain itu, BNI juga memiliki beberapa anak perusahaan seperti BNI Syariah dan BNI Sekuritas. BNI sendiri termasuk dalam satu satu dari Bank BUKU 4 sehingga kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

4. Bank Tabungan Negara (BTN)

Bank Tabungan Negara adalah Bank BUMN yang dibentuk untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah pribadi. Program utama dari BTN adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan mendukung program 1 juta rumah Jokowi.

Bagi Anda yang ingin memiliki rumah, maka BTN sudah pasti memberikan Anda lebih banyak kemudahan dibandingkan dengan bank umum lainnya. Apalagi kita dapat membuat cicilan sampai dengan 70 persen dari penghasilan, di mana bank lainnya hanya berani memberikan cicilan sebesar 35 persen dari penghasilan.

Itulah keempat Bank BUMN yang wajib Anda tahu. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.