Jam Besuk Dihapus, Tahanan Lepas Kerinduan Pakai Video Call

Terobosan Polda Kepri Menekan Penyebaran Virus Corona

INTREN.ID, BATAM – Berdasarkan Maklumat Kapolri, Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dittahti) Polda Kepulauan Riau (Kepri) meniadakan jam besuk untuk tahanannya. Peniadaan ini untuk menekan penyebaran virus corona baru (Covid-19) khususnya di wilayah Polda Kepri.

Namun kebijakan tersebut diganti dengan cara besuk via online, yaitu menggunakan video call. Cara ini diharapakan bisa menjadi terobosan di tengah pandemi Covid-19. Sebagaimana diutarakan Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt, Jumat (10/4/2020).

“Cara besuk online yang dilakukan saat ini bertujuan mempermudah masyarakat yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya dan dapat berinteraksi secara langsung,” kata Harry.

Sementara itu Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Kepri AKBP Dudus Harley Davidson mengatakan, terdapat 64 tahanan yang terdiri dari 58 pria dan 6 orang wanita di Rutan Polda Kepri.

Untuk mendukung besuk online tersebut, pihaknya sudah menyiapkan perangkat di antaranya tiga unit komputer PC, WI-FI dengan kecepatan 100 MBPS, tiga unit speaker aktif, mikrofon, satu unit ponsel dan tiga unit webcam camera.

- ADVERTISEMENT -

“Besuk online yang telah kami terapkan menggunakan aplikasi Google Hang out. Masing-masing tahanan diberikan waktu selama 15 menit,” jelas Dudus.

Dalam waktu yang bersamaan, ada tiga tahanan sekaligus yang melakukan besuk online yang dijaga oleh petugas. Seluruh percakapan para tahanan dengan pihak keluarga termonitor secara transparan.

“Besuk online yang dilakukan juga tidak dipungut biaya. Kami lakukan pada jam kerja, pada hari Selasa dan hari Kamis,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.