“Jalur Maut” Simpang RSUD Akan Kembali Dibuka, Dishub Bontang Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

INTREN.ID, BONTANG – Setelah cukup lama ditutup, kini Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang kembali membuka jalur persimpangan di depan RSUD Taman Husada . Hal ini telah dibahas bersama dengan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Bontang.

Kepala Dishub Bontang Kamilan menjelaskan, persimpangan yang dikenal sebagai “jalur maut” itu telah disiapkan rekayasa lalu lintasnya ketika dibuka nanti. Hal ini untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di kawasan tersebut.

“Semua ruas jalan yang ada di Bontang sudah ada desainnya. Cuma simpang Letjen S Parman memang menjadi prioritas,” ujarnya belum lama ini,

Dilanjutkan Kamilan, rambu-rambu peringatan sudah banyak terpampang di jalur sebelum turunan simpang 3 tersebut. Di antaranya rambu kecepatan, rambu awas turunan, rambu imbauan hati-hati, serta keberadaan traffic light.

Nantinya traffic light di daerah tersebut akan difungsikan kembali. Termasuk halnya mempersiapkan skema rekayasa lalu lintas yang baru. “Sudah ada, sudah lengkap. Tinggal mental dari para pengemudi saja,” paparnya.

Adapun rekayasa lalu lintasnya, bagi kendaraan yang berasal dari arah Tugu Selamat Datang menuju dalam kota, maka tidak perlu mengikuti traffic light. Sedangkan bagi kendaraan yang akan menuju kawasan Bontang Lestari, maka diwajibkan untuk mengikuti traffic light.

“Nanti dipasang pemisah jalur. Jadi yang mau ke arah Bontang Lestari ambil jalur kanan. yang mau ke kota Bontang ambil jalur kiri. Pintu masuk RSUD tetap di atas,” tukasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.