Jalankan Pilkada Sesuai Protokol Kesehatan, KPU Bontang Butuh Anggaran APD

INTREN.ID, BONTANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang kini masih terus mempersiapkan segala tahapan untuk menyongsong pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Yang akan diselenggarakan pada 9 Desember mendatang.

Salah satu langkah yang dilakukan KPU adalah mempersiapkan pelaksanaan Pilkada sesuai dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Hal ini sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan penularan virus corona baru (Covid-19) di saat pelaksanaan.

Ketua KPU Bontang Erwin menyatakan, anjuran pelaksanaan Pilkada dengan protokol kesehatan ini sesuai dengan surat edaran KPU RI. Sehingga pihaknya harus memfasilitasi Alat Pelindung Diri (APD) bagi para petugas mereka.

“Seperti kemarin pas pelantikan PPS juga harus memperhatikan protokol kesehatan gunakan masker,” ujarnya belum lama ini.

Dijelaskan Erwin, KPU Bontang telah melakukan rasionalisasi anggaran pengadaan APD. Ini dilakukan akibat terkena dampak pandemi Covid-19. Sementara ini kata dia, total anggaran yang dikurangi sebesar Rp 1,4 miliar. Namun demikian KPU Bontang mengaku telah telah mengajukan penambahan anggaran untuk pengadaan APD.

Erwin menyebutkan, tambahan anggaran yang dibutuhkan sebenarnya mencapai sekira Rp 5 miliar. Namun karena anggaran perjalanan dinas, bimbingan teknis dan anggaran sosialisasi yang secara tatap muka diubah menjadi online, sehingga pihaknya mengubah anggaran yang diminta menjadi sekira Rp 3 miliar.

“Tapi kami masih menunggu apakah nanti bantuannya dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah, ” paparnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.