Jadi yang Pertama di Kepri, Aston Batam Hotel & Residence Sediakan Fasilitas Google Assistant

INTREN.ID, BATAM – Menjadi yang pertama di Kota Batam bahkan di Kepulauan Riau (Kepri), Aston Batam Hotel & Residence memperkenalkan fasilitas terbarunya. Yaitu penggunaan teknologi Google Assistant secara eksklusif hanya tersedia pada tipe kamar Aston Suite yang berjumlah delapan kamar.

Selain memperkenalkan teknologi Google Assistant, Vice President of Technology and Integration Archipelago International, Jules Brookfield juga memberikan demo teknologi tersebut.

Beberapa kegunaan dari Google Assistant adalah setiap tamu yang menginap dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan beberapa perangkat pintar di dalam kamar seperti lampu, TV, AC, musik hanya dengan perintah suara atau tanpa sentuhan.

“Dengan adanya fasilitas ini, para tamu bisa meminimalisasi sentuhan pada setiap perangkat yang makin mendukung gaya hidup modern,” ucap Jules, Rabu (7/4/2021).

Selain fasilitas Google Assistant, Jules juga mengungkapkan ada beberapa fasilitas tambahan yang hanya tersedia di tipe kamar Aston Suite. Di antaranya mesin kopi espresso dari Dolce Gusto, TV LED dengan Ultra High Definition (4K), saluran TV digital yang dapat menampilkan siaran langsung dari luar negri.

“Koneksi internet Wi-Fi dengan kecepatan hingga 150 mbps, juga telah tersedia,” tambahnya.

Lanjut Jules, Google Assistant juga bisa membantu berbagai kegiatan. Mulai dari memanggil butler, resepsionis, memutar Spotify, YouTube, cek suhu ruangan, hingga menampilkan tampilan Google Meet atau Zoom di layar.

“Setiap kalimat perintah cukup dimulai dengan kata ‘Hai Google’, maka perangkat tersebut akan menjalankan tugasnya sesuai permintaan,” ungkapnya.

Bahkan, Google Assistant juga bisa membantu tamu untuk memasang alarm atau membuat jadwal di Google Calendar, hingga memutar lagu apapun sesuai suasana hati hingga menjadi penerjemah bahasa.

Inovasi selanjutnya dari Aston Batam adalah fasilitas self check-in sebagai sarana yang mendukung pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain memudahkan para tamu, teknologi ini juga sangat efektif untuk memperkecil interaksi antara tamu dan karyawan hotel saat melakukan proses check-in.

Proses tersebut, diklaim hanya butuh waktu 3 sampai 5 menit dan kartu akses kamar dapat langsung diberikan melalui keycard station yang tersedia di area lobi.

“Aston Batam Hotel & Residence selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh tamu demi menciptakan keamanan dan kenyamanan, serta berkomitmen untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.