- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Jadi Tempat Wisata Baru, Dataran Engku Hamidah Dijaga Ketat Satpol PP

INTREN.ID, BATAM – Dataran Engku Hamidah merupakan taman di tengah kota, tepatnya di Jalan Raja Haji Fisabilillah, Batam Centre. Taman ini diresmikan pada pertengahan Desember 2019 dan Ramadan lalu pemerintah dengan dana tanggung jawab sosial perusahaan memperindah dataran tersebut.

Upaya memperindah dilakukan mulai dari menata lampu bertemakan Ramadan dan Idulfitri untuk menghias Dataran Engku Hamidah. Selain itu lampu warna-warni juga didesain kekinian membentuk lorong yang bisa dilalui orang.

Sejak lampu terpasang dan aturan kegiatan warga mulai dilonggarkan, Dataran Engku Hamidah selalu ramai dikunjungi warga pada setiap malamnya. Atas hal tersebut, Satpol PP Kota Batam menyiagakan personelnya di Dataran Engku Hamidah.

Kepala Satpol PP Batam Salim mengatakan, satu regu disiagakan untuk menjaga fasilitas umum tersebut Kata dia penyiagaan para personel tersebut bukan untuk membubarkan masyarakat yang tengah menikmati suasana di dataran tersebut. Melainkan untuk terus mengingatkan warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona baru (Covid-19).

“Setiap malam kami tempatkan satu regu di sana, ada 10 personel jumlahnya,” ucap Salim.

Karena meski sudah dibolehkan beraktivitas lagi, tetap ada protokol yang harus dipatuhi warga ketika berada di ruang publik. Termasuk di taman-taman seperti Dataran Engku Hamidah ini.

- ADVERTISEMENT -

“Sesuai arahan Pak Wali Kota, kami mengingatkan baik melalui pengeras suara maupun disampaikan langsung ke orangnya. Dan yang tidak memakai masker kami ingatkan untuk mengenakan saat akan keluar rumah. Serta beberapa orang berdekatan dan ramai, kami minta agak berjarak,” ungkapnya.

Selain menegakkan protokol kesehatan, petugas Satpol PP juga menata parkir kendaraan di sekitar Dataran Engku Hamidah. Serta menjaga agar tidak ada pedagang yang berjualan di badan jalan sepanjang dataran tersebut.

“Untuk yang berjualan itu hanya boleh di bagian dalam, depan ruko, tidak boleh di depan taman yang menghadap jalan,” terangnya.

Salim mengatakan pengawasan di Dataran Engku Hamidah ini dilakukan setiap malam. Tepatnya antara pukul 20.00-23.00 WIB, saat sedang ramai pengunjungnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.