- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Jadi Alternatif Masker, Ini Keunggulan Face Shield dalam Mencegah Penularan Virus

INTREN.ID – Penggunaan face shield atau pelindung wajah di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19) tengah marak. Face shield menjadi alternatif selain masker sebagai alat pelindung diri (APD) dari penularan virus corona baru (Covid-19).

Journal of the American Medical Association dalam editorialnya menerangkan, face shield bisa meminimalkan penyebaran virus hingga 96 persen bila dipakai berjarak 18 inci dari batuk, dan 92 persen pada jarak 2 meter yang direkomendasikan.

Dr Amesh Adalja dari John Hopkins Center for Health Security menuturkan, penggunaan face shield pada bisa menggantikan masker. Kata dia, ada banyak bukti yang mendukung efektivitas penggunaannya.

- ADVERTISEMENT -

Meski memiliki beberapa keunggulan dari masker, terdapat pula beberapa kekurangan penggunaan face shield. Di antaranya bentuknya yang memanjang dari dahi ke bawah. Pasalnya face shield turut melindungi mata, hidung dan mulut.

“Face shield juga lebih nyaman bagi orang yang memakainya. Komunikasi orang ke orang juga lebih baik dengan face shield. Orang bisa melihat seluruh wajah di balik face shield, membuatnya lebih mudah untuk berbicara,” urainya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.