IPSI Samarinda Gelar Penataran, Tingkatkan Kualitas Wasit, Juri, dan Pelatih Demi Kemajuan Pencak Silat

INTREN.ID, SAMARINDA – Guna meningkatkan kualitas sumber daya pengetahuan, serta pemahaman wasit dan juri, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Samarinda menggelar penataran di gedung Pencak Silat, Jalan AW Syahranie, Polder Air Hitam, Sabtu (31/10/2020).

Ketua IPSI Kaltim, Syaharie Jaang mengatakan, penataran wasit dan juri cabang olahraga (cabor) pencak silat memang sangat dibutuhkan seiring dengan perkembangannya.

“Alhamdulillah saya sekarang sangat banyak terlibat dalam pembinaan pencak silat, karena pencak silat adalah cabang bela diri asli leluhur. Dengan kata lain, pencak silat merupakan pilihan yang ideal bagi energi para remaja,” kata Jaang yang juga Wali Kota Samarinda itu.

Kegiatan ini, kata dia, salah satu progam kerja IPSI Samarinda dan rutin digelar setiap tahun. Penataran serupa memang membutuhkan pemahaman cukup tinggi yang berbeda. Karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, Jaang juga mengingatkan agar tidak melupakan protokol kesehatan.

“Karena di sinilah dasar pencak silat. Oleh sebab itu wasit, juri, dan pelatih harus senantiasa meningkatkan kualitasnya,” ungkap Jaang.

Jaang menjelaskan, selain meningkatkan kualitas dasar, penataran tersebut diharapkan dapat melahirkan wasit dan juri baru. Demi kemajuan pencak silat, khususnya Kota Samarinda.

“Allhamdulilah tahun 2018 lalu saat ASEAN Games di Jakarta, atlet pencak silat Samarinda, Iqbal Chandra Pratama sukses meraih medali emas. Oleh karena itu, kunci utama keberhasilan atlet terletak pada pembinaan yang berkelanjutan, serta kemampuan seorang pelatih dalam memimpin atletnya,” imbuhnya.

Diharapkan setelah terselenggaranya kegiatan ini, ke depan Samarinda dapat melahirkan wasit, juri, dan pelatih yang mempunyai sertifikat teruji. Sehingga dapat melahirkan atlet-atlet yang berprestasi seperti Iqbal lainnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.