- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Insentif Tenaga Medis Corona Belum Cair, Jokowi: Kita Menunggu Apa Lagi?

INTREN.ID, JAKARTA – Pembayaran dan bantuan dana bagi pelayanan kesehatan serta tenaga medis terkait penanganan virus corona baru (Covid-19) mesti dipercepat. Hal ini ditegaskan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam evaluasi penanganan Covid-19, Senin (29/6/2020). Khususnya menanggapi masih belum cairnya insentif tenaga medis.

Jokowi menginstruksikan pencairan dana yang telah disiapkan dapat dilakukan dengan segera. Mulai dari pencairan dana bantuan santunan, pembayaran klaim rumah sakit, sampai pada insentif bagi para tenaga medis. Jangan sampai ada keluhan dari masyarakat.

“Bantuan santunan itu mestinya begitu (pasien) meninggal langsung bantuan santunannya harus keluar. Jangan sampai prosedurnya di Kementerian Kesehatan betul-betul bisa dipotong. Jangan sampai bertele-tele. Kalau aturan di Permen (peraturan menteri, Red.) terlalu berbelit-belit ya disederhanakan,” tegasnya.

“Pembayaran klaim rumah sakit secepatnya. Insentif tenaga medis secepatnya. Insentif untuk petugas lab juga secepatnya. Kita menunggu apa lagi? Anggarannya sudah ada,” sambung Jokowi.

- ADVERTISEMENT -

Dia lantas mengajak kerja bersama seluruh pihak demi mengoptimalkan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Jokowi menyebut sekarang ini dibutuhkan penanganan dan pengendalian yang terintegrasi antara satu dengan lainnya baik antarkementerian dan lembaga maupun pemerintah pusat dengan daerah.

“Tidak ada lagi ego sektoral kementerian, lembaga, kedaerahan, apalagi jalan sendiri-sendiri. Saya kira ini harus segera kita hilangkan,” pungkas Jokowi. (***)

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.