Inovasi Saat Pandemi, Tukang Cukur Ini Datangi Pelanggan dan Pakai APD

Terapkan Protokol Pencegahan Penularan Virus

INTREN.ID, BATAM – Seorang tukang cukur di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) memiliki inovasi baru saat melayani pelanggan di tengah penyebaran virus corona baru (Covid-19). Pasalnya pandemi membuat banyak orang enggan untuk bepergian keluar rumah atau melakukan aktivitas seperti biasanya.

Adalah Abdul Karim, pria yang telah mengelola tempat usaha cukur rambut iBarbershop sejak tahun 2017. Bersama kerabatnya, dia melakukan penjemputan bola untuk mencukur pelanggan, yang telah menjadi layanan di Barbershop-nya sejak beberapa tahun terakhir.

Namun begitu inovasi ini kurang mendapat respon baik. Karena pelanggan lebih merasa puas jika datang langsung ke iBarbershop and Vape Store yang berada di kawasan Belian, kecamatan Batam kota, Kota Batam.

Kata Abdul, layanan jemput bola tersebut baru mendapat perhatian dari para pelanggan setalah adanya pandemi Covid-19 yang membuat banyak masyarakat enggan bepergian ke tempat keramaian. Berangkat dari hal itu, dia memiliki ide untuk memaksimalkan layanan dan menjaga diri serta pelanggannya dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) saat memberikan pelayanan.

“Kalau pada waktu normal, penggunaan masker dan sarung tangan telah kami lakukan. Hanya saja untuk saat ini kami tambahkan Face Shield dan pelindung baju sekali pakai,” ucap pria lajang tersebut yang kini baru berusia 27 tahun, Jumat (24/4/2020).

Para pelanggan tidak perlu khawatir untuk pelayanan yang diberikan, karena akan sama seperti apa yang dilakukan ketika berada di lokasi barbershop.

Bahkan, Abdul juga membatasi layanan tersebut. Untuk satu hari, dirinya hanya mengambil maksimal 3 pelanggan. Hal tersebut di katakannya, agar memiliki waktu lebih untuk mensterilkan diri seusai memberikan pelayanan.

“APD yang kita gunakan sekali pakai, dari Masker, sarung tangan, pelindung baju hingga Face Shield. Jadi saya harus punya waktu yang cukup untuk membersikan diri sebelum memberikan pelayanan lagi,” ungkap Abdul.

Dijelaskan, untuk seluruh peralatan yang digunakan, dia selalu melakukan sterilisasi menggunakan disinfektan. Untuk lebih menjaga kebersihannya dari virus atau bakteri lainnya.

Saat ini dirinya masih tetap membuka tempat usaha tersebut sejak pukul 11.00 hingga 22.00 WIB. Hanya saja para customer yang hendak menggunakan jasa nya harus melakukan booking via website di ibarbershop.setmore.com untuk bisa menentukan jam pelayanan yang akan diberikan.

- ADVERTISEMENT -

Pihanya juga telah memiliki laman Instagram yang bernama @iBarbershop and Vape Store dan di sbdul.karim.

“Hal ini kami maksudkan untuk menghindari antrean berlebih di dalam ruangan. Mengikuti protokol dari Pemerintah Kota Batam untuk meminimalisasi penyebaran virus Covid-19,” beber Abdul.

Dia berencana untuk tetap mempertahankan cara tersebut yang diharapkan bisa membuat pelanggan semakin nyaman karena tidak mengantre lebih lama. Cara ini sendiri mendapat tanggapan baik dari pelanggannya.

Salah satunya yaitu Steven  Arden, yang baru merasakan jasa tersebut. Pria yang tinggal di Kawasan Anggrek Mas 1 Batam Center itu menilai inovasi semacam ini unik dan sangat membantu di tengah pandemi Covid-19.

“Karena pada layanan ini, cukup melakukan pemesanan dan kita bisa nikmati layanan di rumah,” sebutnya.

Terlebih untuk penggunaan APD dan disinfektan untuk alat, sangat meyakinkan bahwa kebersihannyasangat dijaga secara baik. Menurut dia hal seperti ini yang sangat dibutuhkan.

“Karena kita sudah takut dan dilarang untuk pergi ke tempat keramaian. Ini pertama yang saya temui di Batam, kalau sebelumnya hanya saya temui di kota besar saja,” ucap Steven. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.