Inovasi Baru, Kemenag Batam Buka Layanan Zakat Online

Mudahkan Masyarakat Sekaligus Upaya Pencegahan Virus Corona

INTREN.ID, BATAM – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam membuat gebrakan dengan membuat inovasi baru. Yaitu untuk pembayaran zakat, infak dan sedekah secara online bagi masyarakat Batam yang ingin menyalurkan dengan cepat namun terhalang kesibukan.

Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Kota Batam Dirham mengatakan, inovasi ini juga diadakan untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Caranya mudah, cukup dengan membuka aplikasi BSM Mobile lalu klik menu QRIS dan lakukan pemindaian ke QRIS UPZ Kemenag Batam. Serta pastikan jumlah dan tujuannya dengan benar.

“Saat ini Kemenag Batam telah memiliki QRIS UPZ, kami bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM),” ucap Dirham, Jumat (8/5/2020).

QR Code UPZ Kemenag Batam.

 

Melalui layanan ini, UPZ Kemenag Batam menerima penyaluran berupa zakat fitrah,  zakat mal, infak, dan sedekah.

Dirham memahami keinginan atau kebiasaan masyarakat Indonesia yang bahagia apabila menyerahkan zakat secara langsung dan bisa mendapatkan doa dari sang penerima. Maka masyarakat juga bisa menyalurkan zakat, infak dan sedekah melalui Baznas Kota Batam, Lembaga Amil Zakat, dan Unit Pengumpul Zakat Kota Batam di masjid dan musala.

- ADVERTISEMENT -

“Untuk pembayaran zakat, infak dan sedekah secara online pada saat darurat seperti ini tidak dipermasalahkan. Dan sunah didoakan orang yg berzakat. Saya harap jangan dipermasalahkan. Yang penting niat dalam hati telah terucap dan terlaksanakan,” harapnya.

Namun khusus di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Dirham mengimbau pegawai dan masyarakat sekitar dapat menyalurkan zakat, infak dan sedekah melalui UPZ Kemenag Kota Batam yang dapat dilaksanakan secara online.

“Mari salurkan zakat, infak dan sedekah lebih awal. Agar bisa cepat didistribusikan dan para Mustahik bisa segera merasakan dan memanfaatkannya,” ajaknya.

Kata Dirham, dalam bulan Ramadan, umat Islam juga dituntut berlomba-lomba berinfak dan  bersedekah. Karena semua amalan kebaikan dalam bulan Ramadan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Seperti diketahui, Ramadhan sudah berjalan setengah bulan. Dalam bulan Ramadan yang penuh berkah ini, ada kewajiban bagi setiap muslim untuk menunaikan zakat.

“Kewajiban zakat yang harus ditunaikan itu  adalah zakat fitrah. Di samping zakat fitrah ada juga yang namanya zakat mal. Namun kewajiban pembayarannya apabila telah sampai haul/satu tahun dan nisabnya 85 gram emas,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.