Innalillahi wa Inna Ilaihi Rajiun, Ibunda Presiden Jokowi Tutup Usia

INTREN.ID, SOLO – Kabar duka menyelimuti bangsa Indonesia. Sujiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Joko Widodo meninggal dunia.

Sujiatmi meninggal dunia di usia 77 tahun di RS TNI Slamet Riyadi Solo. Kabar duka itu dibenarkan staf khusus Presiden Jokowi, Angkie Yudistia.

“Iya betul, saya juga mendapatkan info tersebut dari sekretaris pribadi Bapak (Jokowi),” ujar Angkie, Rabu  (25/3/2020) sore.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie juga membenarkan kabar itu. Budi menyampaikan hal ini melalui pesan tertulis yang diterima wartawan pada Rabu sore.

“Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden wafat di Solo pukul 16.45 tadi. Mohon doanya semoga almarhumah husnul khatimah,” ujar Budi, yang pernah menjadi ketua umum Relawan Pro Jokowi ini.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo segera melayat ke rumah duka. Ganjar berangkat dari Semarang ke lokasi rumah duka, di Surakarta.

“Saya sedang dalam perjalanan ke Solo,” kata Ganjar.

Ganjar belum mendapatkan informasi perihal kapan Sujiatmi akan dimakamkan.

Kini kabar resmi dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden telah tersampaikan ke publik. Saat ini Presiden Jokowi telah tiba di Solo pukul 17.52 WIB.

 

- ADVERTISEMENT -

Sujiatmi Adalah Wanita Tangguh

Dikulik dari berbagai sumber, Sujiatmi Notomiharjo lahir 15 Februari 1943. Dia adalah anak dari pasangan Wirorejo dan Sani, pedagang kayu serta tumbuh besar di Kelurahan Giriroto, Ngemplak, Boyolali.

Usaha perkayuan ini juga yang kemudian digeluti bersama suaminya, Widjiatno Notomihardjo pria yang dinikahinya di Karanganyar, Solo pada 1959.

Meskipun tidak terlalu sukses, pasangan yang menikah muda ini hidup kesulitan di awal bahtera rumah tangga.

Kabarnya, pembawaan Jokowi yang kalem, sopan, santun, sederhana, dan pekerja keras tidak jauh-jauh dari sosok sang ibunda, Sujiatmi.

Dari pernikahan bahagianya dengan Widjiatno, lahir Jokowi yang merupakan anak sulung. Serta adik-adiknya, Iit Sriyantini, Idayati, dan Titik Ritawati.

Pendidikan budi pekerti, kesederhanaan hidup, kerendahan hati, menjadi pembentuk karakter Jokowi dan adik-adiknya. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.