Ini Penerbangan yang Tetap Dilayani Bandara Hang Nadim Batam

Terjadi Penurunan Jumlah Penumpang sejak Pandemi Corona

INTREN.ID, BATAM – Sejak diterimanya Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020, Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam secara resmi menutup penerbangan komersil sejak tanggal 25 April 2020 hingga 1 Junin 2020 mendatang. Meski demikian, masih ada beberapa penerbangan yang tetap dilayani oleh Bandara Hang Nadim Batam dengan beberapa klasifikasi.

Beberapa klasifikasi penerbangan yang masih tetap dilayani antara lain penerbangan untuk pimpinan lembaga tinggi negara, tamu atau wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional. Dan penerbangan operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriasi flight) pemulangan WNI maupun WNA, operasional penegakan hukum, ketertiban, serta pelayanan darurat.

Kemudian operasional angkutan kargo (kargo penting dan esensial) serta operasional lainnya atas izin dari Menteri Perhubungan dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19.

Direktur BUBU Hang Nadim Batam Suwarso mengaku, terjadi penurunan penumpang secara signifikan sejak adanya pandemi virus corona baru (Covid-19). Pada waktu normal, dalam satu hari Bandara Hang Nadim Batam bisa melayani hingga 20 kali kedatangan dan keberangkatan. Dengan jumlah penumpang mencapai 6 ribu.

- ADVERTISEMENT -

“Tetapi pada saat pandemi, kami hanya melayani sekira 1.000 hingga 1.200 penumpang per hari,” ungkapnya.

Menurut Suwarso, penurunan penumpang terjadi sejak dilakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sebagian daerah tujuan. “Apabila tetap dilakukan opersional, kami juga tidak bisa masuk ke semua daerah. Karena beberapa daerah telah memberlakukan karantina wilayah, terkecuali ke Jakarta,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.