Ini Imbauan Dinas Kesehatan bagi Warga yang Hendak Keluar Masuk Bontang

INTREN.ID, BONTANG – Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang mengingatkan kepada setiap warga Kota Taman yang akan melakukan perjalanan. Baik keluar daerah atau balik ke Bontang, untuk memastikan kelengkapan persyaratan yang diminta oleh petugas khususnya di masa pandemi virus corona baru (Covid-19) saat ini.

“Pastikan yang diminta apakah tes PCR atau rapid test,” imbau Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang dr Bahauddin.

Dirinya memaparkan, kondisi perkembangan Covid-19 di setiap wilayah di Indonesia berbeda dan dan dinamis. Maka perlakuan dan persyaratan orang yang melakukan perjalanan juga berbeda pada masing-masing wilayah.

Untuk di Kalimantan Timur (Kaltim) sendiri, aturannya telah ditetapkan oleh gubernur melalui surat Nomor 440/3576/B.PPOD.I tertanggal 10 Juni 2020. Isinya tentang protokol kesehatan dan PCR Penumpang yang menyebutkan setiap individu yang datang dari luar Kaltim harus menunjukkan keterangan Uji Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan hasil non reaktif.

“Persyaratan ini berlaku bagi semua orang dari luar daerah Provinsi Kaltim. Baik melalui transportasi umum, darat, laut, dan udara,” paparnya mengutip surat edaran Gubernur Kaltim tersebut.

Bahauddin pun berpesan kepada setiap warga yang akan melakukan perjalanan, untuk selalui mematuhi protokol kesehatan. Jika bukan karena keperluan yang mendesak atau gawat,  maka disarankan untuk menunda perjalanan terlebih dahulu. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.