Ini Hasil Tes Swab Warga Taman Raya Batam yang Kontak Pasien Positif Corona

Gugus Tugas Minta Tidak Dikucilkan Masyarakat

INTREN.ID, BATAM – Setelah melakukan pemeriksaan rapid test, akhirnya Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam melakukan pemeriksaan Swab kepada 20 orang warga Taman Raya Tahap Lima. Mereka diduga kuat melakukan kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 nomor 34.

Dari hasil yang tim analisis BTKLPP Batam, seluruh warga tersebut dinyatakan negatif terpapar virus covid-19. “Semua hasil swab telah keluar, yang menyatakan negatif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Azril Apriansyah, Sabtu (9/5/2020).

Kata Azril, seluruh warga Taman Raya tersebut telah dipulangkan ke rumahnya masing-masing pada Jumat (8/5/2020). Setelah sebelumnya menjalani isolasi di Rumah Susun Tanjung Uncang, Batam.

Karantina yang dilakukan Pemko Batam terhadap warga tersebut merupakan langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Karena sebelumnya para warga tersebut melakukan kontak langsung dengan pasien 34 yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kata Azril, meskipun ke-20 warga tersebut telah menjelajani isolasi di Rusun Tanjung Uncang, pihaknya berharap agar masyarakat setempat tidak mengucilkan mereka.

“Hasil swab sudah keluar. Alhamdulillah hasilnya negatif, artinya warga tidak perlu khawatir terhadap orang-orang tersebut,” ungkapnya

- ADVERTISEMENT -

Kendati demikian, pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, jaga jarak dan mengikuti semua imbauan dari pemerintah. Hal itu dilakukan demi kebaikan bersama untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Selain itu, hasil tes swab empat orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya berkaitan dengan kasus positif nomor 32 merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal India, juga dinyatakan negatif.

“Dengan kabar baik ini, harusnya kita berharap tidak ada penambahan jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Batam, yang dibarengi dengan mengikuti imbauan pemerintah,” harapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.