Ingin Dekatkan Masyarakat Indonesia ke Ekonomi Digital, Tokopedia Fokuskan Empat Pilar Bisnis

INTREN.ID, JAKARTA – Sebagai salah satu pelaku e-commerce terkemuka di Indonesia, Tokopedia mendorong langkah-langkah untuk menguatkan bisnisnya. Dipicu tren permintaan pasar yang dinamis, mereka berupaya mengadaptasi layanan yang dimiliki.

Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison menjelakan, pihaknya menekankan pada empat pilar bisnis, yakni marketplace, logistik, fintech, dan online to offline (O to O) business. Sektor logistik terkait dengan keberadaan warehouse dan kelancaran distribusi sangat penting untuk melayani order konsumen.

“Lebih dari sekadar senang beli barang online, orang sekarang maunya lebih cepat dan lebih murah. Maka itu kami membuat sistem logistik. Dengan sistem logistik yang terintegrasi, proses pengiriman dan biaya kirim menjadi jauh lebih efisien,” kata L:eon melalui keterangan tertulisnya.

Leon menambahkan, Tokopedia ingin menjadi perusahaan teknologi yang membantu masyakarat lebih dekat dengan ekonomi digital. Untuk target yang lebih jauh, Tokopedia ingin menjadi perusahaan teknologi yang membantu orang untuk punya perusahaan teknologi.

“Perjalanan Tokopedia pada awalnya banyak berdasarkan feeling dan pengalaman pribadi, tapi sejak lima tahun lalu kita sudah menjadi data driven company dan bakal step up ke perusahaan berbasis artifical intelegence,” terangnya.

Mengenai rencana penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO), Tokopedia berupaya membangun kepercayaan investor sebelum melantai di bursa.

- ADVERTISEMENT -

“Kalau melantai ke bursa saham, valuasi itu merepresentasikan kepercayaan publik,” beber CEO Tokopedia William Tanuwijaya.

Menurutnya, kepercayaan investor menjadi hal yang sangat penting dalam membangun bisnis. Karenanya, perusahaan unicorn tersebut sedang berbenah dan belajar untuk go public.

“Apalagi nanti cita-citanya Tokopedia menjadi perusahaan terbuka, jadi harus belajar komunikasi publik, harus lebih peduli pada governance, harus memiliki itu semua,” jelasnya.

Berkaca dari perusahaan teknologi lainnya, William menyebut ingin berevolusi dan mengembangkan perusahaan. Cita-cita IPO ini juga akan membuat brand lokal tumbuh bersama Tokopedia.

“Berkaca dari perusahaan teknologi yang berkembang cepat, penting bagaimana bisa berinovasi, dan produk kita tiap tahun lebih baik,” tutupnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.