Iduladha Jadi Momentum untuk Membantu Sesama, Safaruddin Apresiasi Partisipasi Masyarakat Kaltim

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Sama seperti tahun lalu, Iduladha 1442 Hijriah dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Kendati dihadapkan pada situasi sulit, namun masyarakat Kaltim terus berpartisipasi dalam menekan lonjakan virus beralias corona itu.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin mengungkapkan, esensi dari perayaan Iduladha adalah membantu sesama. Melalui semangat berkurban, masyarakat bahu-membahu membantu mereka yang sedang dilanda kesusahan.

“Iduladha ini momentum yang sangat baik. Saya sangat mengapresiasi partisipasi dan semangat untuk saling membantu yang ditunjukan masyarakat Kaltim. Terlebih saat ini banyak masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Mulai dari kehilangan pekerjaan hingga ancaman kesehatan,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu.

Safaruddin mengungkapkan, lonjakan kasus Covid-19 harus menjadi pendorong untuk semakin bersemangat berkurban dengan penuh keikhlasan untuk mengatasi pandemi. Termasuk meningkatkan kepatuhan melaksanakan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Esensi dari Iduladha bukan hanya sekadar berkurban kambing atau sapi. Dalam situasi pandemi sekarang ini, menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas), serta mengikuti vaksinasi juga merupakan wujud pengorbanan dalam rangka melindungi diri sendiri dan orang lain,” ujar Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Di momen yang suci ini, sosok yang juga digadang-gadang menjadi calon kuat Gubernur Kaltim 2024 itu mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam menekan penyebaran Covid-19. Di samping itu juga bersama-sama berdoa agar wabah segera hilang.

“Mari kita memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19 yang melanda negeri tercinta ini, sehingga pandemi ini segera berlalu. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridai semua ikhtiar yang kita lakukan,” pungkas anggota Komisi II DPR RI yang membidangi hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.