- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Hujan Lebat Diprediksi Guyur Wilayah Kepri di Hari Raya Idulfitri

10,120

INTREN.ID, BATAM – Masyarakat Kepulauan Riau yang akan merayakan Idulfitri 1441 Hijriah, Ahad (24/5/2020) mesti waspada. Pasalnya prakiraan cuaca untuk wilayah Kepri pada Ahad (24/5/2020), hujan masih akan mengguyur secara merata sejak pagi hari. Sebagaimana dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas 1 Hang Nadim Kepri.

Kepala Seksi Data dan Informasi (Kasi Datin) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas l Hang Nadim Batam Suratman mengatakan, adanya shearline atau belokan angin pengaruh Siklon Mangga di Samudera Hindia. Sehingga hujan masih akan turun sejak pagi hingga sore hari.

“Dengan adanya siklon Mangga di Samudera Hindia, di wilayah Kepri masih akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, yang terjadi secara merata,” ucapnya.

Kata Suratman, Mei menjadi fase puncak hujan untuk wilayah Kepri. Sehingga sejak awal bulan hingga akhir bulan mendatang akan hujan masih akan terus terjadi secara merata. Dengan prakiraan kelembapan udara di lapisan atas yang cukup basah mendukung potensi pertumbuhan awan-awan penghasil hujan.

“Secara umum kondisi cuaca esok hari diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan lokal. Dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang,” ungkapnya.

Untuk kecepatan angin di wilayah Kepri berkisar antara 5 sampai 20 km per jam. Dengan suhu relatif lebih rendah berkisar antara 24-32 derajat celsius dan kelembapan di angka 68 sampai 98 persen.

Untuk gelombang laut, semua wilayah masih dalam kondisi yang cukup normal. Dengan angka tertinggi 0,2 hingga 01,5 meter di wilayah Anambas dan Natuna. Prakiraan cuaca BMKG itu berlaku hingga pukul 07.00 WIB Senin (25/5/2020).

Untuk prakiraan cuaca di wilayah perairan seperti Riau, Batam, lingga, Selat Berhala dan Perairan Utara Bangka, Bintan akan terjadi hujan lokal dengan arah angin dari tenggara-barat daya. Gelombang di enam perairan tersebut diprediksi hanya bergelombang sedang di angka 0,5 hingga 1,5 Meter.

Dan prakiraan cuaca di 13 wilayah pelayaran seperti perairan selatan dan utara Anambas, perairan barat utara, dan selatan Natuna-Pulau Midai, perairan Subi-Serasan, Laut Natuna, perairan Singkawang-Sambas, perairan Pontianak-Mempawah, Laut Natuna Utara, akan terjadi hujan dengan intensitas sedang. Dengan kecepatan angin berkisar di antara 2 sampai 20 Knot.

Sementara di perairan Ketapang, perairan Kendawangan, dan perairan Kepulauan Karimata hanya akan terjadi berawan. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.