Hoaks Pembagian Sembako Bikin Kapolresta Barelang Geram

Resahkan Masyarakat di Sungai Panas, Polisi Bakal Tindak Tegas

INTREN.ID, BATAM – Kapolresta Barelang AKBP Purwadi Wahyu Anggoro dibuat geram. Pasalnya beredar berita palsu alias hoaks pembagian sembako di Kelurahan Sungai Panas, Kecamatan Batam Kota, Batam pada Jumat (17/4/2020).

“Ini sangat keterlaluan, telah membuat keresahan kepada warga di tengah pandemi Covid-19 ini,” kata Purwadi.

Pihaknya pun sudah melakukan pencarian terhadap pembuatan dan penyebar hoax pembagian sembako tersebut. Kata dia, informasi hoaks seperti ini sangat merugikan, terlebih berpotensi menimbulkan kerumunan yang bertentangan dengan imbauan jaga jarak selama pandemi corona.

“Sangat kasihan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” sesal Purwadi.

Karena itu, dia akan memberikan tindakan tegas kepada penyebar hoaks tersebut. Sehingga ada efek jera agar hal serupa tidak kembali terulang.

- ADVERTISEMENT -

Hoaks yang beredar itu sendiri membuat ratusan warga Batam Kota Batam langsung mendatangi lokasi yang tertulis dalam foto yang telah beredar tersebut. Yaitu yang berada di lokasi Jalan Besar Sungai Panas, depan Simpang Kuda.

Tak hanya para penghuni Kos, dan Ojol, bahkan para emak-emak juga telah berada di lokasi dan rela berimpitan agar tak ketinggalan pada proses pembagian tersebut.

Namun harapan tersebut hanya berakhir dengan penyesalan. Setelah menunggu berjam-jam, tidak ada pihak panitia yang berada di lokasi.

Akhirnya tim patroli gabungan Kepolisian dan Satpol PP Kota Batam berusaha membubarkan kerumunan masyarakat tersebut yang berkumpul di sekitaran pantung kuda. Selain mengganggu ketertiba, kerumunan warga itu juga membuat arus lalu lintas tersendat. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.