- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Hasil Tes Swab Wali Kota Batam Cepat Keluar, Berikut Penjelasan Kepala Dinas Kesehatan

INTREN.ID, BATAM – Wali Kota Batam Muhammad Rudi telah selesai menjalani pemeriksaan rapid diagnostic test (RDT) dan tes swab pada Senin (3/8/2020) kemarin. Hasilnya adalah nonreaktif dan negatif Covid-19. Tes itu dilakukan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas 1 Batam.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, tes swab Wali Kota Batam dilakukan di kediamannya, pada Senin pagi, lalu hasilnya didapat hanya dalam hitungan jam.

Menurut Didi, Wali Kota Batam tidak perlu melakukan tes swab yang kedua, dikarenakan orang nomor satu di Kota Batam tersebut bukan pasien terkonfirmasi yang perlu dinyatakan kesembuhannya.

“Tidak perlu tes swab kedua, Swab kedua itu buat menyatakan kesembuhan,” ungkap Didi saat dikonfirmasi intren.id melalui pesan singkat.

Bahkan, menurut Didi, pasien positif asimptomatis (tidak memberikan gejala klinis apapun terhadap orang yang bersangkutan) saja tidak perlu menjalani tes swab untuk memulangkannya.

- ADVERTISEMENT -

Perihal hasil tes swab Wali Kota Batam yang sangat cepat didapatkan, tak seperti pasien lainnya, Didi mengungkapkan bahwa hal tersebut didasari jumlah sampel swab saat ini yang tidak terlalu banyak.

“Yang bikin lama kan antrean pemeriksaan, serta jumlah sampel yang menumpuk. Kalau Sampel Wali Kota Batam bisa cepat karena kita kasih laluan, ya cepat. Diprioritaskan,” terangnya.

Sehingga hasilnya diketahui beberapa jam saja. “Cukup waktu 8 jam saja, hasilnya sudah bisa didapat,” imbuhnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.