Hasil Swab Enam OTG Corona di Bontang Keluar, Semuanya Negatif

Pemkot Ingatkan Masyarakat Tetap Jaga Jarak dan Pakai Masker

INTREN.ID, BONTANG – Sebanyak enam Orang Tanpa Gejala (OTG) di Bontang yang terdiri dari tiga pelaku perjalanan Gowa dan tiga pegawai fasilitas kesehatan (faskes) terkonfirmasi negatif virus corona baru (Covid-19). Berdasarkan hasil swab yang keluar pada Selasa (5/5/2020). Padahal sebelumnya dua faskes diketahui sempat terkonfirmasi reaktif Covid-19 saat melakukan rapid test.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Bontang dr Bahauddin menjelaskan, terkait pengembangan status Covid-19 per 5 April 2020, terdapat penambahan orang dalam status monitoring sebanyak 18 orang. Sehingga totalnya menjadi 6.798 orang dengan 5.383 orang sudah dinyatakan selesai monitoring.

“Untuk OTG terjadi Penambahan sebanyak dua orang. Hasil rapid test-nya terkonfirmasi reaktif. Dia seorang pegawai fasilitas kesehatan dan saat ini melakukan isolasi mandiri,” sebut Bahauddin.

Dikatakannya, menjelang berbuka puasa di bulan Ramadan saat ini banyak sekali para pedagang yang menjual berbagai makanan. Namun begitu hingga kini belum ada bukti pengaruh makanan dalam penularan Covid-19.

“Hal ini sesuai dengan hasil webinar Gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada hari ini Selasa, 5 Mei 2020,” jelas Bahauddin.

- ADVERTISEMENT -

Kata dia, penularan Covid-19 terjadi pada orang ke orang melalui droplet atau cairan batuk, bersin, maupun nafas dari orang yang memiliki virus corona dalam tubuhnya kepada orang yang sehat di sekitarnya. Untuk itu, Bahauddin tetap mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih atau membeli makanan.

Caranya dengan memilih tempat jualan makanan yang bersih, memilih makanan dengan kemasan tertutup, menggunakan bahan kemasan yang aman dan tidak berbahaya untuk makanan. Serta tetap menjaga jarak aman ketika membeli makanan antara penjual maupun pembeli lain.

“Gunakan masker jika terpaksa harus membeli ke luar rumah. Serta hindari memegang area mata, mulut, hidung,” pungkasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.