Hasil Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri Diumumkan, Begini Cara Mengetahuinya

INTREN.ID, JAKARTA – Para calon mahasiswa perguruan tinggi negeri bidang vokasi atau politeknik/politani bisa bernapas lega. Pasalnya Hasil Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 sudah mulai diumumkan pada Sabtu (4/7/2020). Informasinya bisa bisa dilihat di https://sbmpn.politeknik.or.id.

Setelah mengakses situsnya, klik gambar banner Pengumuman Hasil Seleksi SBMPN 2020 lalu masukkan nomor pendaftaran/NISN. Centang Captcha “I’m not a robot”, lalu klik cek status. Bila lolos seleksi, maka bakal muncul tulisan “Selamat! (nama lengkap Anda) lolos seleksi di (politeknik yang Anda daftar) dan (jurusan yang Anda daftar).”

Lebih lanjut pendaftar yang lolos bakal mendapat informasi penting tentang tes lanjutan di masing-masing politeknik yang dituju.

Meski begitu, calon mahasiswa baru diminta segera mencari informasi mengenai tata cara daftar ulang atau tahapan seleksi lanjutan yang tertera pada website masing-masing politeknik yang didaftar.

Diketahui, dari tahun ke tahun jumlah politeknik peserta jalur penerimaan ini meningkat. Hingga tahun 2019 tercatat sejumlah 42 politeknik yang mengikuti seleksi ini. Tahun 2020 ini, istilah UMPN berganti nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN). Meski terdapat perubahan penamaan, namun mekanisme dan proses seleksi jalur ini masih sama seperti UMPN dan diikuti pula oleh 42 politeknik negeri se-Indonesia.

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mengakibatkan banyak adaptasi dalam berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Hal ini pun mempengaruhi mekanisme dan seleksi penerimaan mahasiswa baru di hampir seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Tidak terkecuali jalur SBMPN. Seleksi yang rencananya akan dilakukan melalui skema ujian, kini berubah menjadi portofolio.

Meski demikian, jalur SBMPN ini tetap mengakomodasi calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik. Sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi yang kini berubah menjadi KIP-Kuliah. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.