Harkulnas GoFood Maksimalkan Omzet UMKM Sumbagsel Selama Pandemi

INTREN.ID, JAKARTA – GoFood terus memaksimalkan pendapatan UMKM kuliner di tengah pandemi. Layanan pesan antar makanan ini berhasil meningkatkan omzet 74 ribu mitra usaha melalui promo beragam kuliner favorit program Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) GoFood yang berlangsung 1 April sampai 5 Mei lalu.

VP Regional Sumbagsel Gojek Indonesia, Erika Agustine memaparkan, tidak dapat dimungkiri ada kecemasan terhadap keberlangsungan usaha kuliner lokal. Ini terus berlangsung terutama sejak diberlakukannya physical distancing.

Namun jika dilihat dari jumlah transaksi di GoFood, pihaknya justru melihat adanya peningkatan dalam satu bulan terakhir. Karena, dengan semakin ketatnya aturan yang membatasi kontak sosial, terdapat perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan (dine in) menjadi melakukan pemesanan makan secara online dari rumah.

“Hal ini menyebabkan banyak mitra merchant UMKM kami yang bisnisnya bergeser dari penjualan offline ke online sepenuhnya. Berbagai upaya untuk menciptakan demand pun kami lakukan, termasuk Harkulnas GoFood, untuk meningkatkan eksposur dan visibilitas mitra usaha agar menjaga kelangsungan pendapatan mitra merchant termasuk UMKM,” beber Erika.

- ADVERTISEMENT -

Selama Harkulnas, GoFood turut meningkatkan penjualan harian merchant dengan cara mempromosikan UMKM lewat shuffle cards di aplikasi agar menjangkau lebih banyak pelanggan. Memberikan promo ongkir pada pelanggan, mengurangi biaya operasional melalui voucher diskon belanja bahan baku, serta meningkatkan efisiensi bisnis UMKM lewat fitur Recommended Campaign di aplikasi GoBiz.

Program Harkulnas GoFood 2020, klaim Erika, membantu mencatat keberhasilan puluhan ribu mitra UMKM dalam memaksimalkan pendapatannya. Jumlah pesanan dan omzet merchant yang berpartisipasi rata-rata 12% lebih tinggi dibandingkan merchant di luar program.

Untuk di wilayah Sumbagsel sendiri, mitra merchant yang berpartisipasi pada Harkulnas GoFood 2020 di kota Palembang masing-masing berhasil mencatat jumlah pertumbuhan pendapatan hingga 14% dan pemesanan sebesar 11%.

Sedangkan untuk mitra merchant GoFood di kota Batam, sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan transaksi tertinggi selama program Harkulnas berlangsung, mencatat rata-rata pertumbuhan jumlah omzet hingga 17% dan pemesanan lebih dari 14%. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.