Hari Ini Sembako untuk Warga Batam Mulai Didistribusikan

Ratusan Ribu Paket Disiapkan Pemko, Dibantu Pengusaha dan Pemprov Kepri

INTREN.ID, BATAM – Paket Sembilan Bahan Pokok (Sembako) yang direncanakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk masyarakat yang terdampak wabah virus corona baru (Covid-19) mulai didistribusikan pada Sabtu (18/4/2020). Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Gustian Riau.

Dikatakan, pihaknya sudah melakukan pengangkutan dan proses droping ke dua kecamatan yaitu Sagulung dan Lubuk baja. Sembako ini juga sudah dibagikan ke masing-masing kantor kelurahan yang dilakukan sejak Kamis (16/4/2020) lalu.

“Proses droping masih berjalan. Kemarin sudah kami lakukan di Kelurahan Tanjung Riau di kecamatan Sekupang dan masih terus dilakukan untuk memastikan bisa tersalurkan dengan baik,” ucap Gustian.

Direncanakan pada Sabtu di Kecamatan Lubuk Baja akan dilakukan pendistribusian kepada masyarakat langsung di tiap kantor kelurahan. Yaitu Kelurahan Batu Selicin, Lubuk Baja Kota, Kampung Pelita, Baloi Indah serta Kelurahan Tanjung Uma.

“Jadwal tersebut sesuai SE nomor 40 tahun 2020 yang ditandatangani Wakil Wali Kota Batam, Pak Amsakar Achmad,” ungkapnya.

Adapun jadwal pendistribusian kepada masyarakat tersebut yaitu pada Sabtu 18 April 2020 di Kecamatan Lubuk Baja, Ahad 19 April 2020 di Kecamatan Sagulung, 20 April 2020 di Kecamatan Sekupang dan pada 21 April 2020 akan berlangsung di Kecamatan Batam Kota.

Untuk tanggal 22, ada tiga kecamatan yaitu Batu Aji, Sungai Beduk, dan Bengkong. Sementara untuk tanggal 23, ada dua kecamatan terakhir di pulau Batam, yaitu Kecamatan Batu Ampar dan Nongsa.

Sementara untuk tanggal 25 tiga kecamatan di kawasan Hinterland menjadi jadwal terakhir. Yaitu di Kecamatan Bulang, Galang dan Belakang Padang.

Sementara itu, dari Rapat terbuka yang dilakukan Wali Kota Batam Muhammad Rudi pada Jumat (17/4/2020) di dataran Engku Putri Batam Center, Pemko Batam akan membagikan 192.000 paket. Juga mendatangkan tambahan sekira 64 ribu paket dari para pengusaha.

- ADVERTISEMENT -

“Jadi akan ada perbedaan isi paket yang disalurkan kepada masyarakat. Yaitu akan ada yang mendapat 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, dan 1 kg gula. Dan ada sebagian paket yang berisi 5 kg beras, 2 liter minyak goreng dan susu kental manis,” sebut Rudi.

Bantuan tersebut akan disalurkan sebanyak enak kali pembagian yang bersumber dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Pemerintah Kota Batam, dan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Pendistribusiannya akan dilakukan setiap bulan.

“Pak Gubernur akan bantu. Nanti dari Pemko dan BP Batam juga akan kami siapkan. Pemko Batam sendiri sudah menganggarkannya melalui realokasi anggaran,” ucap Rudi.

Dengan keterbatasan anggaran tersebut, pemerintah hanya akan menyiapkan 260 ribu paket sembako, dari total 415 ribu kepala keluarga. Telah ada beberapa kriteria yang dibuat pemerintah dalam penyaluran sembako ini. Untuk masyarakat yang dianggap mampu diharapkan bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

“Paket sembako ini hanya bantuan yang saya harap bisa membantu meringankan beban, bukan memenuhi kebutuhan,” ungkapnya.

Mengenai teknis pembagiannya, Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Batam Amsakar Achmad mengatakan akan ada perbedaan di tiap kecamatan. Hal ini tergantung dari situasi wilayah tersebut.

“Akan berbeda-beda, tetapi tetap harus ikuti protokol kesehatan untuk jaga jarak dan gunakan masker. Serta harus jelas substansinya, yang mengambil jelas. Nanti dilengkapi tanda terima,” kata Amsakar.

Pada saat pengambilan, penerima diminta membawa dokumen kependudukan yaitu Kartu Keluarga dan KTP. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.