Hand Sanitizer Herbal Berbahan Daun Sirih dengan Banyak Keunggulan

INTREN.ID, BATAM – Di tengah mewabahnya pandemi Covid-19, hand sanitizer menjelma menjadi barang yang sangat berharga dan dibutuhkan masyarakat. Terutama yang masih melakukan aktivitas di luar ruangan.

Hal tersebut membuat Komeng, berinisiatif meramu hand sanitizer herbal. Berbahan daun sirih, hand sanitizer itu memiliki banyak keunggulan dan ramah terhadap kulit manusia.

Komeng, yang saat ini tinggal di Kecamatan Sekupang, Kota Batam, dibantu sang istri tengah mempersiapkan ribuan botol cairan hand sanitizer yang diproduksinya secara mandiri.

Hand sanitizer berbahan daun sirih yang siap diedarkan. (Agung Maputra/intren.id)

 

“Banyak pertimbangan yang saya pikirkan untuk penggunaan daun sirih. Selain lebih alami, daya antiseptiknya juga tidak kalah berkualitasnya dibandingkan campuran bahan kimia yang banyak ditemui pada umumnya,” kata Komeng, Kamis (2/4/2020).

Komeng mengungkapkan, cara pembuatan hand sanitizer sangat singkat dan mudah.

Pertama-tama, ambil daun sirih secukupnya lalu dipotong kasar kecil-kecil.

Kemudian, masukkan potongan daun sirih ke dalam air yang telah mendidih. Lalu rebus daun tersebut selama lebih kurang 60 menit.

“Pada proses ini, kita juga menambahkan sedikit cairan pewangi yang ramah di kulit,” ungkapnya.

Selanjutnya, air rebusan tersebut dibiarkan selama 3 hingga 4 jam sampai benar-benar dingin dan dilanjutkan penyaringan.

Setelah itu bisa langsung dimasukkan ke dalam botol dan siap untuk digunakan.

Namun, bagi para warga Batam yang ingin menggunakan hand sanitizer herbal tersebut tidak perlu repot untuk membuatnya. Karena produk ini juga bisa dipesan secara langsung.

Kata Komeng, dirinya menyediakan dalam berbagai ukuran. Mulai dari mulai 300 mililiter hingga 5 liter yang biasa digunakan sebagai refil.

Sementara itu, terungkap bahwa hasil penelitian Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta, daun sirih merupakan tumbuhan yang mengandung zat antiseptik dan dapat membunuh bakteri dan jamur serta memiliki daya antioksidan.

Untuk memesan hand sanitizer herbal tersebut, dapat menghubungi langsung di nomor 0813-7878-4780. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.