Hampir 10 Bulan Ditutup Akibat Pandemi Covid-19, Akhirnya Stadion Sempaja Kembali Dibuka

INTREN.ID, SAMARINDA – Setelah hampir 10 bulan ditutup, Stadion Madya Sempaja Samarinda rencananya akan kembali dibuka secara terbatas, Kamis (7/1/2021). Stadion dibuka terbatas di area lingkar stadion pada pukul 07.00 hingga 10.00 Wita dan pukul 15.30 hingga 17.30 Wita.

Sementara, jumlah yang boleh masuk juga akan dibatasi dengan protokol kesehatan ketat.

Sebelumnya, Stadion Madya Sempaja per 21 Maret 2020 ditutup untuk umum akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan dan mengantisipasi penularan virus.

“Rencana pembukaan terbatas dimaksud hanya untuk aktivitas keolahragaan dengan yang diutamakan adalah atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, serta untuk masyarakat umum yang ingin berolahraga demi kebugaran dan menjaga kesehatan fisik,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Tianur, Rabu (6/1/2021).

Saat ini, lanjut Agus, telaahan staf dari Dispora sudah disampaikan ke Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi. Selanjutnya, apabila telah mendapat izin dari pihak terkait dan pimpinan, maka aktivitas yang diperkenankan hanya untuk kegiatan olahraga.

“Sedangkan kegiatan sosial, seperti penggunaan gedung untuk acara pernikahan dan kemasyarakatan lainnya belum dapat dilakukan, termasuk masyarakat yang berjualan,” jelasnya.

Rencana ini juga berdasarkan rekomendasi KONI Kaltim melalui pengurus cabang olahraga, masing-masing dengan membatasi jumlah orang dan waktu penggunaan venue.

“Berdasarkan pesan pimpinan kami, masyarakat tetap waspada dan mengikuti anjuran pemerintah taat protokol kesehatan yang ketat. Mulai menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta menjaga jarak aman dan menjauhi kerumunan,” tegasnya.

Agar tetap terkendali, maka Dispora akan menurunkan tim patroli untuk selalu memonitor setiap saat. Apabila ada masyarakat atau pengguna stadion tidak menaati protokol kesehatan.

“Kami tegas, tim patroli kami siapkan. Jika tidak taat, kami tegur bahkan minta untuk keluar. Selain itu, Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi atas respon masyarakat untuk dibuka stadion ini. Apalagi kepentingannya untuk persiapan PON 2021 di Papua,” jelasnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.