Hai Milenial, Inilah Destinasi Alam Surabaya yang Harus Dikunjungi

INTREN.ID, SURABAYA – Banyak cara yang bisa dilakukan wisatawan ketika liburan ke Kota Surabaya. Selain bisa menghabiskan waktu dengan berkunjung ke berbagai destinasi bersejarah, Anda bisa pula datang ke berbagai wisata alam cantik dan memukau di Surabaya dan sekitarnya.

Keberadaan tempat-tempat yang terjaga keasriannya tersebut menjadi sumber oksigen bersih bagi warga Kota Surabaya.

Pilihan wisata alam yang dapat dijumpai di wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya cukup beragam, di antaranya adalah:

1. Kebun Bibit Wonorejo

Suasana asri dan tenang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Kebun Bibit yang terletak di kawasan Rungkut.

Taman dengan luas mencapai 5,9 hektare ini memiliki area pepohonan hijau dengan danau buatan yang indah di bagian tengah. Selain itu, ada pula kebun binatang mini yang disertai hewan rusa serta unggas.

Para pengunjung biasanya datang ke pagi atau sore hari. Aktivitas utama yang sering dilakukan adalah jogging serta bersantai di tepi danau. Selain itu, tempat wisata alam gratis ini juga disertai dengan fasilitas wall climbing, toilet umum, serta water tap dengan air bersih siap minum di dalamnya.

2. Hutan Mangrove Wonorejo

Masih berada di kawasan Wonorejo, Rungkut, Anda juga bisa menyempatkan waktu ke Hutan Mangrove Wonorejo. Hanya saja, berbeda dengan Kebun Bibit, Hutan Mangrove

Wonorejo hanya terbuka untuk umum ketika akhir pekan atau hari libur. Di sini, wisatawan dapat melihat keasrian hutan bakau yang menjadi penahan abrasi Kota Surabaya.

Hutan Mangrove Wonorejo sering digunakan sebagai lokasi berburu foto instagramable. Bahkan, tak sedikit pula yang memilih tempat ini sebagai lokasi pengambilan foto prewedding romantis.

Sebagai tambahan, wisatawan bisa pula mencoba aktivitas berkeliling kawasan hutan bakau dengan menyewa perahu yang disediakan pihak pengelola.

3. Hutan Mangrove Gunung Anyar

Berada di daerah Sedati, Sidoarjo, Anda dapat pula menemukan kawasan hutan bakau lainnya, yakni Hutan Mangrove Gunung Anyar. Suasana alami yang adai di tempat ini tidak kalah kalau dibandingkan dengan Hutan Mangrove Wonorejo.

Di sini, Anda dapat menjumpai jalur pejalan kaki yang terbuat dari kayu. Selain itu, wisatawan bisa pula menjelajahi kawasan perairan di sekitar hutan dengan perahu nelayan.

4. Hutan Bambu Keputih

Beralih ke kawasan Surabaya Timur, Anda bisa pula menjumpai destinasi wisata alam menarik lain, yakni Hutan Bambu Keputih. Tempat ini dulunya merupakan area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang kumuh.

Namun, Pemerintah Kota Surabaya telah menyulapnya menjadi hutan bambu yang cantik, layaknya Hutan Bambu Arashiyama di Jepang.

Pohon bambu yang ada di taman ini ditata sedemikian rupa sehingga terlihat rapi dan cantik. Para wisatawan sering memilih Hutan Bambu Keputih sebagai tempat untuk berburu foto instagramable. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menemukan Taman Flora dengan berbagai bunga warna-warni yang terletak di sebelah Hutan Bambu Keputih.

Keberadaan destinasi wisata alam di atas membuktikan kalau Kota Surabaya tidak hanya memiliki wisata sejarah. Anda bisa pula menjumpai tempat liburan dengan suasana yang alami dan asri di kota terbesar kedua Indonesia ini.

Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa dalam menyusun itinerary saat liburan ke kota ini. Selanjutnya, Anda tinggal menjadwalkan tiket pesawat ke Surabaya secepatnya. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.