Hadapi Pandemi Corona, TNI Gelar Operasi Militer Selain Perang

Libatkan Semua Matra, Panglima Sebut Ujian bagi Pertahanan Semesta

INTREN.ID, JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) melaksanakan operasi militer selain perang untuk menangani virus corona baru (Covid-19). Operasi ini melibatkan seluruh matra mulai dari penanganan medis, pengamanan wilayah dan pengamanan perbatasan, serta dukungan yang diberikan terintegrasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, saat ini sinergi dan kerja sama lintas kementerian dan lembaga semakin mengemuka. Mengingat setiap komponen masyarakat memiliki pengaruh dan peranan.

“Untuk itu tiap-tiap matra, yakni angkatan darat (AD), angkatan laut (AL), dan angkatan udara (AU) memiliki bagian pada setiap operasi dan di masa yang akan datang akan semakin menonjol,” kata Hadi dalam amanatnya, Senin (20/4/2020).

Dia menjelaskan, globalisasi kehidupan manusia yang selama ini membuka peluang ekonomi secara besar telah menjadi bumerang. Pasalnya hal tersebut memungkinkan penyebaran virus secara masif, luas, dan cepat.

Sehingga menjadi tantangan bagi TNI dan seluruh perwira sebagai calon-calon pimpinan TNI untuk dapat membaca perkembangan dunia. Dan menjadikan TNI siap dan mampu melaksanakan tugas pokoknya dengan paripurna.

Diakui, situasi saat ini menjadi ujian bagi sistem pertahanan semesta yang dianut TNI. Mengingat Covid-19 yang menjadi pandemi ini sebenarnya sudah diperkirakan sejak beberapa dasawarsa yang lalu.

“Namun karena tidak tampak nyata, dunia tidak siap saat Covid-19 muncul,” ungkapnya.

Meski begitu, Hadi menegaskan bahwa institusi TNI harus siap dalam menghadapi setiap spektrum ancaman yang dapat terjadi di masa mendatang. TNI sebagai organisasi harus terus beradaptasi dan TNI harus dapat membaca setiap potensi ancaman yang akan dihadapi serta harus menyiapkan diri untuk menghadapinya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.