Hadapi New Normal, Pemkot Bontang Siapkan Protokol Kesehatan Tempat Wisata

INTREN.ID, BONTANG – Meskipun kebijakan kenormalan baru (New Normal) sudah bergulir, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang belum membuka tempat-tempat wisata. Alasannya hingga saat ini masih dilakukan persiapan untuk sarana dan prasarana (sapras) protokol kesehatannya.

“Kunci keberhasilan New Normal adalah kedisiplinan masyarakat dan kesadaran kolektif dalam mematuhi protokol kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang, dr Bahauddin, Selasa (2/6/2020).

Apabila dalam perkembangannya ditemukan kenaikan kasus, maka Tim Gugus Tugas Percepatan Penangananan Covid-19 di Bontang bisa memutuskan untuk melakukan pengetatan atau penutupan kembali. Termasuk salah satunya tempat-tempat wisata.

Kata Bahaudddin, dalam kondisi saat ini masyarakat dapat terlibat langsung dalam pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan di tempat umum atau keramaian. Seperti pertokoan, rumah makan, dan kafe-kafe. Tujuannya agar tidak terjadi sumber penularan baru. Jika terjadi pelanggaran, masyarakat pun bisa melaporkan kejadian tersebut.

- ADVERTISEMENT -

Contoh-contoh yang dikategorikan pelanggaran yaitu tidak ada sarana cuci tangan dengan sabun. Pemberi layanan atau pengunjung tidak menggunakan masker dan tidak saling menjaga jarak.

“Masyarakat bisa melapor melalui WA ke hotline pengaduan Kesah Etam 0823-9833-3838, instagram @diskominfo_btg, atau PSC 081-15407- 119 Bontang dengan melampirkan foto pelanggaran, keterangan tempat dan waktu. Nanti dapat ditindaklanjuti oleh tim pengawasan terpadu,” pungkasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.