Google-Lazada Beri Pelatihan Keterampilan Digital Gratis, Dorong Tumbuhnya Penjualan Online

INTREN.ID, JAKARTA Kamis (19/11/2020), Google dan Lazada mengumumkan upaya mereka berkolaborasi dalam menyediakan kursus pelatihan gratis bagi penjual online, kursus tersebut akan membekali mereka dengan keterampilan digital, dan membantu mengembangkan bisnis mereka.

Menjelang musim belanja yang sibuk, kemitraan ini bertujuan untuk menyediakan lebih banyak lagi sumber ilmu bagi peritel kecil guna meningkatkan daya kehadiran mereka di ranah online, terutama selama tahun yang penuh tantangan ini.

Dalam situs Grow with Google, bisnis mal di seluruh Asia Tenggara dapat mengakses kursus yang singkat ini secara gratis dari Lazada University serta merasakan pengalaman menggunakan sistem kursus interaktif dengan metode baru melalui aplikasi Google Primer.

Pelatihan dalam kursus ini mencakup topik seperti strategi bisnis dan pemasaran digital, dan akan membantu mengatasi hambatan awal dalam memulai usaha secara online. Para pedagang Lazada dapat mengakses konten yang dibuat bersama secara langsung di Portal Lazada University, tentunya dengan kurikulum yang disesuaikan untuk setiap negara. Mereka juga dapat berpartisipasi dalam sesi yang diadakan oleh para pakar Google, disiarkan langsung di situs Lazada University.

“Bagi jutaan orang di Asia Tenggara, e-commerce telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari mereka, dan dengan semakin banyaknya orang yang berbelanja dari rumah, kami ingin memberdayakan bisnis kecil dengan keterampilan dan kemahiran yang lebih unggul di lingkungan online ini.” kata Direktur Google, Ben King.

- ADVERTISEMENT -

Pihaknya telah berkomitmen untuk melatih tiga juta pekerja usaha kecil menengah (UKM) di Asia Tenggara dengan keterampilan digital. Hingga saat ini, kami telah memberikan pelatihan kepada dua juta individu. Kami sangat senang dapat bermitra dengan Lazada karena mereka pun berbagi keahlian dan membantu kami memperluas dukungan kami ke ribuan pedagang di platform mereka,” tambahnya.

Lazada sendiri juga mengapresiasi kerja sama tersebut. “Kami juga senang dapat bermitra dengan Google untuk menjalankan inisiatif ini. Kemitraan ini datang pada saat tepat di tengah-tengah era festival belanja akhir tahun seperti 11.11 dan 12.12,” ungkap Regional Head of Seller Growth and Engagement Lazada, Jon Chin.

Pihaknya berharap, ini akan menjadi musim puncak orientasi selama dan setelah kampanye penjualan ini, sehingga kemitraan ini dapat membantu membekali penjual dengan keterampilan digital dalam waktu singkat, serta akan memungkinkan mereka memanfaatkan peluang online dan memaksimalkan manfaat musim liburan akhir tahun untuk meningkatkan penjualan mereka.

Mengingat bahwa dalam satu tahun terakhir, kami telah melihat migrasi online penjual ke platform kami, kami berharap inisiatif ini dapat mendukung semakin banyak UKM di seluruh wilayah agar beralih dengan mudah ke perniagaan digital,” tutupnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.