- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Google Classroom Jadi Aplikasi Belajar dari Rumah, Ini Cara Penggunaannya

INTREN.ID, JAKARTA – Google Classroom adalah produk Google yang bisa digunakan gratis untuk belajar dari rumah. Para guru dan murid bisa memanfaatkannya untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19) yang masih belum memungkinkan pertemuan tatap muka.

Aplikasi yang memungkinkan para guru untuk membuat area kelas secara online. Mereka bisa mengelola semua dokumen yang dibutuhkan murid dalam pembelajaran. Dokumen pembelajaran dapat disimpan di Google Drive dan dapat diedit di aplikasi Drive, seperti Google Documents, Spreadsheet, dan sebagainya.

Sebagaimana layanan Google lainnya, aplikasi ini bisa diakses baik melalui komputer maupun ponsel. Jika mengaksesnya melalui komputer, tinggal membuka laman http://classroom.google.com. Sedangkan melalui ponsel, mesti mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google PlayStore.

Mengingat ini adalah produk Google, maka tentu dibutuhkan akun Google untuk login atau masuk ke dalamnya. Berikutnya pilih tanda ‘+’ (plus) yang ada di sebelah kanan atas. Bagi guru, pilih ‘create class’, sementara bagi murid pilih ‘join class’.

Ketika ‘join Class’, murid memasukkan kode kelas yang diberikan guru. Untuk guru, pilih ‘create class’ kemudian centang ‘Saya sudah membaca dan memahami pemberitahuan di atas, dan saya tidak menggunakan Ruang Kelas di sekolah bersama murid’ kemudian pilih ‘Terus’.

- ADVERTISEMENT -

Masukkan nama kelas, bagian, subjek (mata pelajaran), room (ruangan), kemudian pilih ‘create’. Google Classroom pun siap digunakan. Guru akan mendapatkan kode kelas yang perlu dibagikan kepada para murid. Para guru juga bisa mengundang siswa melalui email. Dengan klik ‘anggota’ lalu klik ‘undang siswa’. Lantas masukkan alamat email siswa atau grup, klik ‘undang’.

Serangkaian fitur disediakan Google Classroom meliputi membuat tugas yang bisa dimanfaatkan guru dan siswa dalam hal pekerjaan rumah. Guru dapat mengunggah dokumen yang diperlukan untuk dibaca atau dikerjakan murid. Kemudian murid bajal mendapat pemberitahuan email tentang tugas baru. Para murid ‘menyerahkan’ tugas setelah selesai, dan guru dapat menilai tugas tersebut.

Pun demikian, aplikasi ini memungkinkan pembuatan pengumuman untuk semua anggota kelas. Pengumuman diketik untuk berikutnya dikirimkan melalui email ke semua murid di kelas. Selain materi tugas, guru juga dapat menyimpan dokumen lain yang diperlukan untuk murid di Google Drive.

Google Classroom juga memungkinkan para murid berinteraksi secara virtual. Murid bisa memiliki kemampuan untuk mengomentari tugas dan pengumuman. Selain itu siswa dapat mengirim email satu sama lain melalui antarmuka kelas. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.