Golkar Kaltim Mulai Buka “Lowongan” untuk Pilkada 2024, Rudy Mas’ud: Saya Persilakan Kader Terbaik Maju

INTREN.ID, BALIKPAPAN – DPD I Partai Golkar Kaltim mulai memanaskan mesin jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Target menang di Bumi Mulawarman diusung dalam pesta demokrasi yang digadang-gadang terbesar dalam sejarah Indonesia.

Sekadar diketahui, 2024 merupakan kenduri demokrasi multievent. Di mana pada tahun itu digelar pemilihan presiden, pemilihan gubernur, pemilihan bupati/wali kota, serta pemilihan anggota legislatif tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota secara bersama-sama.

Dalam rapat pleno yang digelar secara virtual pada Rabu (17/11/2021) lalu, Ketua DPD I Partai Golkar Kaltim, H Rudy Mas’ud menyampaikan, seluruh kader memiliki peluang yang sama untuk diusung partai. “Lowongan” pun dibuka. Dia mempersilakan kader-kader terbaik Golkar maju dalam pilkada.

“Kepada kader terbaik Golkar Kaltim, silakan mempersiapkan diri untuk maju pada Pilkada Kaltim 2024 mendatang. Namun setelah memilih maju sebagai calon kepala daerah, jangan lagi persiapkan diri untuk maju sebagai calon anggota legislatif (caleg). Beri kesempatan pada kader yang lain,” tegas pria yang karib disapa Harum itu.

Rudy menegaskan, dirinya tetap fokus di DPR RI sebagai wakil rakyat Kaltim. Dengan demikian, akan terus memperjuangkan kepentingan rakyat Kaltim di parlemen. “Saya lebih nyaman berada dan bekerja di DPR RI untuk raktyat Kaltim, dan bisa berbuat seluas-luasnya bagi warga Kaltim,” papar Rudy.

Tak hanya membahas soal persiapan jelang kenduri demokrasi di Benua Etam, Rudy juga menegaskan bahwa Golkar tetap akan mengusung kader terbaiknya untuk maju dalam kontestasi politik pada puncak perpolitikan. Di mana, beringin mengusung Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya meminta di rapat pleno malam ini (Rabu malam, Red.) bahwa seluruh kader-kader Partai Golkar sepakat untuk mendukung Bapak Airlangga Hartarto sebagai calon presiden pada Pemilu (Pemilihan Umum) 2024 mendatang. Itu yang wajib kita gaungkan, yang wajib kita sosialisasikan oleh Media Penggalangan Opini (MPO) kita dan medsos (media sosial) yang ada di seluruh Kaltim,” tegasnya.

Dukungan untuk Airlangga memang terus menguat di internal. Termasuk di Kaltim, ibu kota negara yang menjadi salah satu basis Golkar. Kuatnya aspirasi dari arus bawah semakin menegaskan bahwa partai itu siap tempur memenangkan kadernya.

Di samping itu, pernyataan aspirasi secara langsung dari seluruh 34 pengurus provinsi, 10 organisasi sayap, serta senior-senior yang berada di dewan pembina, dewan kehormatan, dewan penasihat, dewan pakar, dan dewan etik untuk mendukung Airlangga, yang disampaikan saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar pada 6 Maret 2021 lalu, menjadi pertanda solidnya beringin.

Tak hanya pengurus provinsi. Di level kabupaten/kota pun satu suara. DPD II Partai Golkar Kota Bontang misalnya, satu komando terkait amanat pusat dan provinsi. Partai pemenang di Kota Taman itu memastikan bahwa pengurus, kader, dan simpatisan akan berjuang sekuat tenaga untuk menjalankan amanat partai.

“Sesuai arahan Ketua Golkar Kaltim, kami di Kota Bontang solid untuk memenangkan Bapak Airlangga pada pemilihan presiden. Kami juga menargetkan untuk memenangkan pilkada, baik pemilihan gubernur maupun pemilihan wali kota di Kota Bontang,” tegas Ketua DPD II Partai Golkar Kota Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam.

Bukan hanya pilkada dan pilpres, politisi muda yang karib disapa Andi Faiz itu juga menegaskan, target lainnya adalah mempertahankan kemenangan Golkar di Kota Bontang. Pasalnya, Golkar konsisten memenangkan pemilu dan selalu menempatkan kadernya sebagai ketua dewan di kota industri itu.

“Sejak dulu, Kota Bontang merupakan salah satu basis Partai Golkar di Kaltim. Tentu, target kami juga harus mempertahankan kemenangan Partai Golkar di Kota Bontang. Alhamdulillah, ini menjadi komitmen dari kami, mulai dari pengurus, kader, dan simpatisan partai, serta anggota dewan dari Fraksi Golkar,” kata Andi Faiz.

Terpisah, Wakil Sekretaris MPO Golkar Kaltim, Vani Tambajong menanggapi perihal dibukanya keran bagi kader untuk ikut dalam kenduri demokrasi mendatang.

“Beliau (Rudy Mas’ud, Red.) adalah sosok yang menilai kinerja kader secara terukur. Reward dan punishment kader menjadi tolok ukurnya. Beliau juga tidak asal menggunakan manajemen telinga alias asal bapak senang,” katanya.

Tambajong menambahkan, Rudy Mas’ud adalah sosok penting yang menjadi aset Golkar Kaltim. Dirinya mengajak senior-senior Golkar untuk memberikan arahan dan bimbingan terhadapnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.