Gojek Akuisisi Moka, Percepat Digitalisasi UMKM Indonesia

Gabungkan Layanan untuk Memberi Solusi Terintegrasi Mitra Usaha

INTREN.ID, JAKARTA – Gojek mengumumkan akuisisi terhadap Moka, perusahaan teknologi penyedia layanan aplikasi sistem kasir digital di Indonesia. Aksi korporasi ini membuat Gojek dan Moka menggabungkan layanan untuk memberikan solusi terintegrasi bagi mitra usaha.

Dengan mitra usaha yang terdiri pembayaran, pengantaran makanan, dan sistem Point Of Sale (POS), akuisisi ini mendukung pertumbuhan dan digitalisasi UMKM di Indonesia. Baik usaha online maupun offline di Indonesia.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, di saat dampak Covid-19 semakin terasa, tampak bisnis-bisnis online memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan bisnis offline. Pasalnya bisnis offline sangat tergantung kepada kedatangan fisik konsumen.

“Kami selalu berupaya untuk membantu lebih banyak bisnis offline menuju bisnis online, untuk ikut mengembangkan ekonomi digital. Bekerja dengan Moka dan jaringan pelaku usahanya akan membantu kami untuk mempercepat terwujudnya misi ini,” terang Andre.

Menurut dia, usaha kecil adalah tulang punggung dari perekonomian lokal. Sehingga Gojek berkomitmen membantu mereka lebih siap dalam menghadapi persaingan di masa depan dan meningkatkan kesempatan mereka untuk tumbuh.

Moka sendiri telah dipercaya 40 ribu pebisnis di 200 kota di Indonesia. Dalam memberikan solusi yang terdiri dari perangkat POS, sistem pembayaran, pembukuan, hingga pengadaan bahan baku, dan peminjaman modal usaha.

Sedangkan Gojek, lewat layanan GoBiz, merupakan Super App andalan para pemilik usaha dan digunakan oleh jaringan kuat lebih dari 500,000 mitra merchant di Indonesia. Di mana 96% dari angka tersebut adalah UMKM.

“Sekarang adalah saatnya kami mengambil satu langkah lebih maju untuk bekerja dengan segenap tim Moka untuk menyediakan solusi dari hulu ke hilir. Yang memberikan kesempatan untuk lebih banyak bisnis untuk migrasi online, meningkatkan kinerja operasional, dan pertumbuhan, sekaligus meningkatkan pengalaman konsumen,” lanjut Andre.

Menurut dia selama ini pelaku usaha masih harus melakukan beberapa tindakan operasional secara terpisah pada aplikasi yang berbeda. Misalnya, mereka harus memproses pesanan offline menggunakan sistem POS dari Moka dan menerima pesanan GoFood melalui GoBiz.

Melalui akuisisi ini, kedua perusahaan bisa menggabungkan layanan tersebut agar semakin memungkinkan mereka untuk membantu lebih banyak usaha kecil melakukan migrasi ke sistem online. Dan memperkecil jarak antara platform offline dan online.

“Akuisisi ini juga akan mempercepat pertumbuhan jaringan pelaku usaha Moka dengan menyediakan akses terhadap ratusan juta pengguna Gojek di seluruh Indonesia,” terangnya.

Sementara itu CEO dan Co-Founder Moka Haryanto Tanjo menyampaikan, pihaknya sangat bersemangat menjadi bagian dari ekosistem Gojek. Dan mengakselerasi misi mereka membantu usaha kecil untuk terus tumbuh.

“Gojek adalah aplikasi konsumen terbesar di Indonesia. Integrasi ini akan membuka akses jaringan para pelaku usaha kepada ratusan juta pengguna platform Gojek dan mendapatkan transaksi langsung dari layanan seperti GoFood,” bebernya.

Kata Haryanto, berbagai layanan Gojek yang memberi solusi untuk pelaku usaha akan memudahkan para mitra pelaku usaha Moka menjalankan bisnis dengan sukses. Baik secara online maupun offline.

“Sebuah strategi krusial untuk usaha kecil tetap bertahan di tengah keadaan pandemi seperti sekarang ini. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk pulih dan semakin kuat setelah krisis ini berlalu,” lanjut Haryanto. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.