GoFood Percepat Transformasi Digital UMKM untuk Bangkit dari Pandemi

INTREN.ID, JAKARTA – Solusi bisnis komprehensif ditawarkan layanan pesan-antar makanan GoFood bagi para UMKM untuk bangkit dan menumbuhkan bisnisnya di tengah situasi pandemi. Tidak hanya untuk merchant yang sudah tergabung dalam ekosistem, solusi lengkap GoFood dan Gojek juga mempercepat UMKM lainnya untuk “go-online”.

Solusi yang ditawarkan ini terdiri dari fitur teknologi yang mendorong peningkatan permintaan konsumen. Serta dukungan di luar teknologi yakni pelatihan wirausaha dan jejaring bisnis.

Dukungan komprehensif ini dirancang khusus untuk membantu UMKM beradaptasi, mengingat pandemi telah mengalihkan konsumsi kuliner masyarakat dari offline ke online. Sebagaimana disampaikan GoFood dalam acara dialog “Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood” yang digelar Senin (29/6/2020) dan didukung oleh Menteri Koperasi & UKM RI, Teten Masduki.

Teten memaparkan lebih dari 236.980 pelaku UMKM telah melaporkan kepada KemenkopUKM atas usahanya yang terdampak akibat pandemi dan digitalisasi merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini. Karenanya dibutuhkan kolaborasi kuat antara pemerintah dengan platform digital seperti GoFood dan Gojek untuk membangkitkan kembali UMKM sektor makanan dan minuman di Indonesia.

“Pemerintah menyiapkan skema pemulihan ekonomi nasional termasuk didalamnya untuk pelaku UMKM. Tidak hanya itu, SOP Reaktivasi UMKM menuju tatanan normal baru juga mulai disosialisasikan bagi sektor-sektor usaha yang sudah dan akan mulai diaktifkan kembali seperti sektor transportasi dan kuliner,” sebut Teten.

Kata dia, pelaku UMKM pada dua sektor tersebut perlu memiliki strategi adaptasi bisnis seperti menyediakan variasi visualisasi menu makanan dan minuman; menawarkan makanan sehat dan siap saji; menawarkan paket bundling produk; memberi berbagai promo/diskon khusus bagi merchant; serta menghadirkan value proposition yang lebih baik.

Strategi tersebut merupakan implementasi dari inovasi yang perlu terus dilakukan sektor kuliner dengan mengacu pada kebutuhan masyarakat dan perubahan pola konsumsi yang bermigrasi ke platform online.

“Di masa krisis ini, pemanfaatan data dan informasi terkait UMKM pada platform digital sangat mendukung kami dalam membantu mereka secara akurat dan cepat. Apalagi, saat ini UMKM sudah sangat dimudahkan dengan adanya platform layanan pesan-antar makanan, seperti GoFood,” terangnya.

Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, pandemi ini mengajarkan pihaknya banyak hal. Dari awal berdiri, GoFood berkomitmen meningkatkan skala bisnis para pelaku usaha UMKM kuliner dan kini kami mengambil satu langkah lebih maju dengan menyediakan ekosistem terlengkap yang lebih dari sekadar teknologi.

- ADVERTISEMENT -

“Salah satunya kami menambahkan keterampilan para pelaku UMKM kuliner lewat platform edukasi dan berjejaring sehingga mereka memperoleh pengetahuan lebih dalam tentang berbisnis langsung dari sesama pelaku usaha,” urai Catherine.

“Kami juga terus menghimpun arus permintaan dengan ekspansi layanan dan kategori makanan yang disesuaikan dengan perilaku baru masyarakat saat ini,” tambahnya.

Selain dukungan pemerintah dan kesiapan penyedia platform seperti GoFood, pihaknya pun mengajak masyarakat untuk terus mendukung UMKM dengan membeli produk-produk kuliner anak bangsa. Untuk itu GoFood kembali menghadirkan program Promo PSBB (Promo Sambil Berbuat Baik).

Dalam promo ini pelanggan tidak hanya merasakan pengalaman berkuliner yang lebih menyenangkan. Tetapi juga membantu UMKM tetap bertahan di tengah pandemi.

“Melalui program promo ini, kami berharap penghasilan harian mitra UMKM tetap dapat terus meningkat sehingga tetap menggerakkan roda perekonomian selama pandemi,” tutup Catherine.

Dodi Sandra, Pemilik UKM Kuliner Pempek Pistel Kiarin Bandung mengapresiasi dukungan GoFood untuk mendukung keberlangsungan bisnis mitra merchant selama pandemi COVID-19. Selama masa pandemi, pihaknya sangat terbantu dengan adanya GoFood.

“Alhamdulillah pesanan juga tetap ada, malah makin ramai setiap harinya. Kalau dahulu lebih banyak yang makan di tempat, selama PSBB hampir semua pesanan datang dari GoFood. Kami juga terbantu dengan aplikasi/perangkat khusus mitra merchant karena laporan penghasilan bisa langsung kita akses dengan transparan,” ungkapnya.

“Jadi kita sebagai pedagang bisa fokus untuk jualan makanan yang berkualitas agar pelanggan tetap senang langganan di Pempek Pistel Kiarin,” tegas Dodi. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.