Globulin Diyakini Percepat Proses Penyembuhan Pasien Corona

Harganya Mahal, Dinkes Batam Sebut Juga Terkandung dalam Putih Telur

INTREN.ID, BATAM – Senyawa Globulin diyakini oleh tim medis bisa mempercepat proses penyembuhan pasien virus corona baru (Covid-19). Kabar menggembirakan tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi, Sabtu (18/4/2020).

“Hal tersebut (Globulin, Red.) telah diterapkan ke beberapa pasien di Jakarta. Dan cara itu terbukti efektif,” kata Didi.

Sementara untuk di Batam, pihaknya sudah mencoba mengaplikasikan hal tersebut pada salah satu pasien yang sebelumnya dalam keadaan drop. Beberapa waktu setelah terapi globulin diterapkan, pasien itu terpantau dalam keadaan stabil.

Dijelaskan Didi, penggunaan globulin hanya perlu diteteskan ke dalam infus. Agar bisa mengalir bersama cairan infus. Namun tim medis cukup kebingungan untuk pengaplikasian globulin tersebut kepada para pasien positif Covid-19 karena harga cairan itu terbilang cukup mahal.

Globulin di jual per fial berisikan 5 cc. Untuk volume tersebut, harganya sekira Rp 3,7 juta. Sementara menurut Didi, dalam satu hari satu orang pasien bisa membutuhkan delapan hingga sepuluh fial demi mencukupi kebutuhan yang disesuaikan dengan kondisi pasien.

Kabar lainnya, globulin tersebut terkandung di dalam putih telur yang biasa dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Maka dari itu Dinkes mencoba berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk memberikan tambahan putih telur dalam makanan untuk para pasien.

- ADVERTISEMENT -

“Kita yang sehat juga bisa perbanyak makan putih telur. Karena bisa membantu meningkatkan imun tubuh,” imbau Didi.

Dikutip dari Wikipedia, serum globulin adalah istilah umum yang digunakan untuk protein yang tidak larut. Baik di dalam air maupun di dalam larutan garam konsentrasi tinggi. Tetapi larut dalam larutan garam konsentrasi sedang.

Globulin mempunyai rasio 35% dari protein plasma, berguna untuk sirkulasi ion, hormon dan asam lemak dalam sistem kekebalan. Beberapa jenis globulin mengikat hemoglobin, beberapa yang lain mengusung zat besi, berfungsi untuk melawan infeksi dan bertindak sebagai faktor koagulasi.

Globulin merupakan pengangkut yang nutrisari makanan dan berperan dalam sistem kekebalan tubuh manusia. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.