Gerbang UMKM 2020 Resmi Diluncurkan, Tingkatkan Kualitas Produk dan Daya Saing UMKM Balikpapan

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Gerakan Bangga dan Bangkit Usaha Mikro Kecil Menengah (Gerbang UMKM) 2020 secara resmi dibuka oleh Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bimo Epyanto, Rabu (18/11/2020) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan dan dilaksanakan secara virtual.

Kegiatan Gerbang UMKM 2020 yang mengusung tema “Bangga dan Bangkit UMKM, Pahlawan Ekonomi Indonesia” sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada UMKM yang saat ini menjadi tumpuan perekonomian daerah dan nasional di tengah pandemi Covid-19. Maka dari itu Bank Indonesia berinisiatif menciptakan UMKM yang lebih unggul dalam era kenormalan baru melalui pemanfaatan platform digital.

Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam launching Gerbang UMKM 2020 ini, yakni launching website Gerbang UMKM, showcase dan kurasi UMKM Unggulan, virtual fashion show, talkshow bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2018 Susi Pudjiastuti, dan music performance oleh Katon Bagaskara.

- ADVERTISEMENT -

“Website Gerbang UMKM yang di-launching merupakan upaya untuk mendukung UMKM dalam rangka akselerasi digital. Sehingga memiliki model bisnis baru yang inovatif, produktif, dan berdaya saing melalui perluasan akses pasar dan pembayaran digital melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard),” kata Bimo.

Sementara Rizal sangat mengapresiasi langkah Bank Indonesia bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kembali melaksanakan program Gerbang UMKM 2020. Menurutnya, Gerbang UMKM akan menjadi salah satu program unggulan dalam upaya meningkatkan kualitas produk dan daya saing UMKM Balikpapan di tengah pandemi melalui kegiatan promosi secara masif dengan paltform website Gerbang UMKM.

“Saya berharap ke depannya UMKM unggulan Kota Balikpapan dapat dikenal masyarakat secara luas baik nasional maupun internasional,” tutupnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.