Gerakan Tiga Juta Masker Batam Kekurangan Relawan Jahit

Apindo dan PSMTI Buka Peluang Masyarakat untuk Berpartisipasi

INTREN.ID, BATAM – Menindaklanjuti imbauan dari pemerintah untuk wajib menggunakan masker saat berada di luar ruangan, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) membuat Gerakan Tiga Juta Masker. Tiga juta masker tersebut yang akan dibagikan ke seluruh warga Batam.

Namun gerakan ini masih mengalami kendala karena keterbatasan relawan jahit. Seperti dikatakan Ketua Tim Gugus tugas Gerakan Tiga Juta Masker Andy Chandra saat ditemui di posko yang berlokasi di Toko Tafetta Decor, Kelurahan Telur Tering, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Rabu (8/4/2020).

Andy mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan seluruh bahan yang diperlukan untuk pembuatan masker berjenis kain. Bahkan para relawan yang saat ini berada di posko juga sudah memotong bahan tersebut sesuai ukuran yang dibutuhkan.

“Seluruh bahan telah kami persipakan. Hanya saja kami masih kekurangan sangat banyak relawan jahit untuk membantu merelaksasi gerakan tiga juta masker untuk warga Batam,” sebut Andy.

Dalam dua hari yang telah berjalan, puluhan relawan jahit baru bisa menyelesaikan sekitar 20 ribu keping masker. Atas hal tersebut, Andy meminta kepada seluruh masyarakat untuk ikut berperan dalam gerakan kemanusiaan ini.

“Bagi Anda para relawan jahit, bisa langsung menghubungi saya dan seluruh paket bahan masker akan kami kirim ke alamat Anda. Atau bisa datang langsung ke posko kami,” ucapnya.

- ADVERTISEMENT -

Pada masker kain ini, pihaknya mendesain dua lapis kain. Serta ada lubang di bagian samping untuk bisa di selipkan tisu jika menginginkan proteksi secara lebih.

Sementara itu sekertaris PSMTI Kota Batam Delvina Piododa mengungkapkan, untuk proses pengerjaannya masih terus dikebut oleh para relawan. Dia juga berharap banyak masyarakat Batam yang hatinya terpanggil untuk membantu proses pengerjaannya.

“Kami harapkan proses ini bisa secepatnya terselesaikan, Agar seluruh masker bisa kita bagikan dengan sesegera mungkin,” ucap Delvina.

Dengan adanya gerakan tiga juta masker bagi warga Batam, pihanya berencana membagikan dua pcs masker untuk satu orang, agar penggunaannya bisa lebih optimal. Delvina juga menghimbau bagi warga Batam, agar pada saat melakukan aktivitas di luar rumah untuk selalu menggunakan masker sebagai salah satu upaya proteksi diri.

“Mari jaga diri sendiri, keluarga kita dan juga orang Lain,” imbaunya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.