Gerakan Infak Beras Batam Salurkan Donasi pada Anak Yatim

Bagikan Tiga Ton Beras dalam Sebulan ke Berbagai Pulau

INTREN.ID,BATAM – Donasi umat Islam di Batam untuk anak yatim terus mengalir. Salah satunya melalui Gerakan Infak Beras bagi anak yatim, penghafal Al-Qur’an dan Fisabilillah Batam yang dilakukan anak-anak dalam Pasukan Amal Sholeh (Paskas) Batam.

Melalui gerakan ini, dibagikan beras hingga berton-ton jumlahnya kepada ratusan anak yatim.Teddy Nuh selaku salah satu penggerak mengatakan, kegiatan ini telah berjalan sejak September tahun 2019 dan telah memiliki para pendonasi tetap.

“Alhamdulillah, setiap bulannya kami mampu menyalurkan donasi beras hingga tiga ton di berbagai kawasan Kota Batam,” kata Teddy, Selasa (31/3/2020).

Pun demikian, gerakan ini telah mengunjungi beberapa pulau dalam penyaluran berasanya. Beberapa pulau yang telah dikunjungi Tim Paskas Batam di antaranya di Kecamatan Bulang, seperti Pulau Bulang Lintang, Pulau Akar, Pulau Air, Pulau Buluh, Selat Nenek, dan Pulau Seraya.

Kunjungan juga mencapai beberapa pulau yang masuk dalam Kecamatan Belakang Padang seperti Pulau Pemping, Pulau Kasu, Pulau Gara, dan Pulau Terong. Selain anak anak yatim di Pulau, Gerakan Infaq Beras juga membantu Panti Asuhan & Pondok Tahfizh Quran di wilayah Kota Batam

“Masing-masing anak mendapatkan 7 kg beras yang sesuai dengan konsumsi beras per bulan,” ucap Teddy yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam.

- ADVERTISEMENT -

Dia menjelaskan, untuk bulan Maret ini ada sebanyak 635 anak yang menerima infak beras dengan tambahan 10 butir telur. Kegiatan pendistribusian selalu dilakukan pada akhir bulan untuk bisa kembali melakukan pendataan yang lebih akurat.

Teddy mengatakan, keutamaan memuliakan anak yatim merupakan salah satu amalan sunah yang sangat dianjurkan Rasulullah. Seperti hadis riwayat al-Bukhari yang berbunyi “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini” , kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau, serta agak merenggangkan keduanya.

Teddy juga mempersilakan kepada para muslimin di Batam jika ingin berpartisipasi dalam kegiatan amal tersebut. Yaitu bisa menyalurkan donasi melalui rekening Bank Riau Kepri di nomor 106 20 77778, Bank Syariah Mandiri di nomor 772 01 20202, atas nama Gerakan Infak Beras Batam.

Sementara itu Camat Bulang Nasrun mengatakan sangat berterima kasih kasih kepada para pendonasi dan para penggerak kegiatan tersebut. Pasalnya mereka ikut memikirkan kondisi para warganya.

“Kami sangat berterima kasih atas kegiatan yang telah memberikan manfaat dan kebaikan kepada warga kami. Semoga hal ini bisa terus dikembangkan dan bisa menjadi catatan amal,” sebut Nasrun.

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.