Gerakan #BatamBerbagi Bantu Pekerja Harian Terdampak Corona lewat Sajian Kreativitas

INTREN.ID, BATAM – Virus corona baru (Covid-19) yang menyebar di Indonesia beberapa bulan belakangan mengakibatkan banyak sektor ekonomi mengalami perkembangan yang sangat buruk. Sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu yang paling terdampak di Indonesia, khususnya Batam yang menjadi persinggahan banyak turis asing asal Malaysia dan Singapura.

Event yang menjadi salah satu tulang punggung pariwisata di Batam juga terpaksa ditiadakan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Dampaknya para pekerja harian yang bergantung pada event juga merasakan kesulitan dari sisi ekonomi.

Diperkirakan hingga 9 ribu orang terdampak dari sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif. Menanggapi hal itu Ivendo Kepri, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Keputulauan Riau (Kepri), Creative Space Batam, dan Puma Studio berkolaborasi membentuk Gerakan #BatamBerbagi.

“Gerakan ini dibentuk atas dasar kepedulian kami pada teman-teman freelance yang terdampak saat ini. Mereka kehilangan banyak pekerjaan karena banyak event yang harus ditunda,” ungkap Gunawan, salah seorang penggagas Gerakan #BatamBerbagi.

Gerakan #BatamBerbagi bersifat kerelawanan. Sehingga semua yang terlibat di dalamnya secara ikhlas meluangkan waktu menggalang kepedulian masyarakat untuk peduli terhadap para pekerja harian yang ada di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata.

“Pada dasarnya ini bersifat kerelawanan. Jadi semua yang terlibat di sini ikhlas meluangkan waktunya untuk membantu teman-teman yang sangat terdampak,” tambah Gunawan.

Sementara itu, Branch Manager ACT Kepri, Agus Supriyanto menyampaikan, kegiatan ini tidak hanya sebatas menggalang donasi Batam Berbagi. Namun juga memberikan sajian konten menarik agar masyarakat betah di rumah saja.

- ADVERTISEMENT -

Seperti live talkshow melalui sosial media, tips memasak, hidup sehat hingga tips parenting juga disajikan. Sehingga gerakan ini juga mampu memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

“Kolaborasi bernilai kebaikan, teman-teman dari Ivendo Kepri, Creative Space dan Puma Studio meramu bagaimana gerakan ini juga bisa membuat masyarakat tetap betah untuk di rumah saja. Selain menebar kebermanfaatan untuk mereka yang terdampak juga memberikan sajian menarik di sosial media,” ungkap Agus.

Kata dia, pandemi memang sudah berlangsung sejak awal Januari lalu hingga menjelang pertengahan tahun ini. Dampaknya masih dirasakan banyak masyarakat.

“Syukurlah, gerakan-gerakan kedermawanan juga makin banyak termasuk gerakan Batam Berbagi,” ucapnya.

Agus Juga menyampaikan, bagi masyarakat yang ingin turut berpartisipasi membantu sesama dapat menyalurkan bantuannya melalui batam.indonesiadermawan.id/batamberbagi. Atau bisa langsung menuju posko Batam Berbagi di komplek Khazanah Plaza Blok RA no 17, Sukajadi. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.