Gegara Wabah Corona, Daftar Nikah Pun lewat Online

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah memperpanjang kebijakan work from home alias bekerja dari rumah bagi pegawai negeri sipil (PNS) hingga 21 April 2020. Hal ini dilakukan untuk mencegah menyebarluasnya Covid-19 alias corona.

Efek dari kebijakan itu, sebagian besar abdi negara mengurangi intensitas mereka datang ke kantor. Termasuk Kementerian Agama (Kemenag). Kebijakan ini pun berdampak pada layanan di Kantor Urusan Agama (KUA), khususnya pencatatan nikah.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menegaskan, pencatatan nikah masih berjalan. Hanya saja, itu berlaku bagi calon pengantin yang sudah mendaftar sebelum kebijakan work from home. Sedangkan yang akan atau mendaftar setelah kebijakan itu, pendaftaran dilakukan secara online lewat simkah.kemenag.go.id.

“Karena kebijakan work from home bagi semua pegawai Kemenag hingga tingkat KUA, pelayanan pencatatan nikah dilaksanakan bagi mereka yang sudah mendaftar,” jelas Kamaruddin, Selasa (31/3/2020).

Dia pun mengimbau para calon pengantin merencanakan ulang acara pernikahannya. Terutama melihat kondisi tanggap darurat ini.

- ADVERTISEMENT -

“Kalau memungkinkan, waktu seremonial acara pernikahan dijadwal ulang. Sehingga prosesnya bisa berjalan dalam suasana dan kondisi yang lebih baik,” tutur Kamaruddin.

Lalu, bagaimana mendaftar nikah secara online? Berikut tahapannya.

  1. Akses: simkah.kemenag.go.id;
  2. Klik daftar nikah;
  3. Pilih nikah di mana:
  • Provinsi/Kab/Kota/Kecamatan.
  • Tanggal dan jam.
  1. Masukan data calon suami dan calon istri;
  2. Checklis dokumen;
  3. Masukan No HP;
  4. Upload foto;
  5. Cetak bukti pendaftaran. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.