- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Gebrakan Bupati Mukomuko, Bangun Septic Tank untuk Warga Kurang Mampu

INTREN.ID, MUKOMUKO – Bupati Mukomuko, Choirul Huda terus berupaya membangun daerahnya. Tidak hanya pembangunan infrastruktur fisik, kesehatan juga jadi prioritas. Dia pun sukses melobi pemerintah pusat untuk proyek pembangunan septic tank di daerahnya.

Tahun ini, Kabupaten Mukomuko mendapat bantuan pembangunan septic tannk di rumah warga berpenghasilan rendah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pemkab Mukomuko akan segera merealisasikannya.

“Kalau kontrak kerja selesai Agustus ini, langsung dikerjakan,” kata Kabid Pengembangan Kawasan dan Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Mukomuko, Dedi Ramadhan.

Pemerintah menetapkan lokasi pembangunan di delapan titik di Desa Penarik, Kecamatan Penarik. Anggarannya pun mencapai Rp 400 jutaan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

Dedi menambahkan, yang sudah dikerjakan adalah pembentukan kelompok masyarakat yang melaksanakan kegiatan ini. “Saat ini sedang penyusunan RKM (rencana kerja masyarakat), setelah itu dilanjutkan penandatanganan kontrak kerja dengan masyarakat,” ujarnya.

- ADVERTISEMENT -

Dijelaskannya, penandatanganan kontrak kerja pembangunan septic tank di rumah warga harus selesai dalam bulan Agustus 2020, sesuai aturan yang berlaku. Pengerjaan ini dilakukan secara swakelola dengan melibatkan langsung warga.

Pemerintah pusat mengalokasikan dana alokasi khusus cadangan untuk membangun tangki septic tank dengan tujuan mencegah pencemaran lingkungan

Kegiatan tidak hanya dalam bentuk pembangunan, melainkan juga sistem pengolahan limbah domestik, untuk menjadikan kotoran manusia tidak mencemari lingkungan. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.