Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u9471944/public_html/intren.id/wp-content/themes/publisher/includes/libs/bs-theme-core/theme-helpers/template-content.php on line 1178

Gawat, 127 Hoaks soal Virus Corona Berseliweran di Dunia Maya

INTREN.ID, JAKARTA – Virus Corona memang menjadi ancaman bagi kesehatan global. Berbagai negara di seluruh dunia mewaspadai virus beralias Covid-19 itu. Termasuk Indonesia.

Namun yang patut disayangkan, di saat sedang terjadi musibah justru bermunculan hoaks alias berita bohong terkait virus tersebut. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat, hingga saat ini sudah beredar 127 hoaks.

“Per Selasa (25/02/2020) sudah ada 127 isu hoaks dan disinformasi. Contohnya saja, Tiongkok ingin belajar agama Islam karena warga Islam bebas dari virus corona. Ini disinformasi,” kata Johnny G Plate, Menteri Kominfo.

Bahkan, kata dia, ada juga yang menyebarkan informasi bahwa virus corona menular lewat gigitan nyamuk. Lagi-lagi menurutnya ini hoaks.

“WHO Western Pasific melalui akun resminya menyatakan bahwa virus corona tidak dapat ditularkan lewat gigitan nyamuk,” tegas politisi Nasdem itu.

Dia menegaskan, hoaks dan disinformasi sangat merugikan diri, keluarga, dan masyarakat. Dia pun meminta tidak ada lagi yang menyebar berita bohong terkait virus corona.

“Kemenkominfo terus berupaya berkoordinasi dengan operator medsos (media sosial) untuk menghentikan penyebaran hoaks. Kontennya diperiksa, diteruskan pada ISP (internet service provider) dan perusahaannya untuk melakukan tindakan karena telah melanggar aturan,” tegasnya. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.