Gandeng Gojek, Disperindag Lampung Distribusikan Sembako Murah lewat GoShop

Tekan Penyebaran Corona dengan Tidak Membuat Keramaian dan Menjaga Jarak Sosial

INTREN.ID, LAMPUNG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lampung bersama Gojek memulai layanan “Belanja Sembako Murah dari Rumah” melalui layanan GoShop di dalam aplikasi Gojek, Senin (4/5/2020). Kerja sama ini demi menekan dampak ekonomi dari penyebaran Coronavirus Diseases (Covid-19) bagi masyarakat yang membutuhkan di wilayah Lampung.

Layanan pembelian sembako murah dalam rangka Operasi Pasar Bersubsidi ini dibuka mulai tanggal 4 Mei 2020 hingga 20 Mei 2020. Melalui layanan ini, Disperindag Lampung akan menjual 3.750 paket/bulan sembako murah bagi masyarakat yang membutuhkan dengan potongan harga 50% khusus di kota Bandar Lampung.

Vice President Regional Sumatera Bagian Selatan Gojek, Erika Agustine menyampaikan, selama masa penyebaran Covid-19 ini Gojek terus berupaya memberikan kontribusi yang optimal. Dalam membantu menekan penyebaran Covid-19 ini melalui berbagai layanan yang kami miliki.

Di antaranya adalah melalui GoShop, GoFood dan GoSend. Kerja sama dengan Disperindag Lampung untuk membantu menyebarkan sembako murah melalui layanan GoShop adalah sebuah bentuk sumbangsih Gojek dan para mitranya untuk mengurangi dampak ekonomi akibat penyebaran Covid-19.

“Kami merasa terhormat bisa menjadi mitra pemerintah setempat dalam berbagai upaya menekan penyebaran Covid-19,” kata Erika.

Dijelaskan, pendistribusian sembako murah ini disesuaikan dengan arahan pemerintah. Untuk tidak membuat keramaian dan menjaga social distancing serta physical distancing.

Ongkos kirim untuk distribusi paket sembako ini ke masyarakat yang membutuhkan ini akan ditanggung oleh Disperindag Lampung. Sementara mitra Gojek Lampung akan mengirimkan 3.750 paket sembako murah bagi masyarakat yang membutuhkan.

- ADVERTISEMENT -

“Selama menjalankan layanan GoShop, protokol terhadap penyebaran pandemi Covid-19 tetap dikedepankan oleh para mitra driver. Yaitu dengan menerapkan jaga jarak sosial serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya bagi mitra Gojek,” papar Erika.

Gojek juga telah mengembangkan beberapa inisiatif lainnya seperti pengiriman tanpa kontak fisik langsung, baik bagi layanan GoFood, GoMart dan GoShop. Dengan menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik serta non-tunai melalui GoPay dan Paylater untuk bertransaksi dengan Gofood, GoMart & GoShop.

“Kami berharap upaya ini bisa secara signifikan memberikan pengaruh positif dalam menekan penyebaran Covid-19 di Lampung. Kami selalu terbuka untuk menjadi mitra bagi semua stakeholder. Terutama pemerintah setempat, untuk memberikan kontribusi positif di tempat kami beroperasi,” terangnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan apresiasi kepada Gojek atas sumbangsihnya dalam proses pendistribusian sembako murah ini. Menurut dia, kerja sama ini harus dibiasakan bukan hanya saat Covid-19.

“Ojek online bisa kita berdayakan agar tidak habis waktu, bahan bakar, dan harganya masih tetap sama. Saya sangat mendukung apapun yang bisa kita perbaiki, dan saya tidak mau online ini tidak berfungsi,” tutur Arinal.

“Saya juga sampaikan disini bahwa proses pengantaran dengan Gojek ini sudah memenuhi protap pencegahan Covid-19,” tambahnya.

GoShop sendiri adalah salah satu layanan di dalam aplikasi Gojek. Yang memungkinkan konsumen untuk berbelanja berbagai kebutuhan dari berbagai merchant di lokasi manapun dan telah tersedia di hampir seluruh kota di Indonesia. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.