Gali Nilai-Nilai Sejarah Bangsa, BMI Rutin Jalin Silaturahmi dengan Pesantren Desa

INTREN.ID, JAKARTA – Organisasi sayap Partai Demokrat, Bintang Muda Indonesia (BMI) menggagas forum silaturahmi pesantren desa. Dalam hal ini forum terus melakukan kunjungan ke pesantren di kampung-kampung sebagai bagian dari upaya lebih mendekatkan pesantren dengan Partai Demokrat.

BMI juga berupaya menggali nilai-nilai sejarah dan peran pesantren sepanjang perjuangan kemerdekaan saat berkunjung ke pesantren di pedesaan.

Ketua Umum BMI Farkhan Evendi menyebut, slogan ‘BMI Demokrat Cinta Pesantren Desa’ dibuat bukan sekadar untuk mendapat dukungan kalangan pesantren desa ke BMI dan Demokrat. Melainkan untuk kemajuan Partai Demokrat dan BMI agar bisa berbuat lebih banyak yang perlu dukungan oleh kalangan pesantren desa.

“BMI menyampaikan rasa terima kasih pada pesantren di desa-desa dalam menjaga moral generasi desa. Yang membuat mereka mandiri, tahu sopan santun. BMI sendiri banyak berasal dari kaum santri pedesaan jadi ini lebih pada gerakan hati,” ujar Farkhan.

Sementara itu Ketua Forum Silahturrahmi Pesantren Deaa (Forsilapede) Gus Ulil Albab, Pengasuh Muda Pesantren Azzahro Kendal menyampaikan bahwa Forsilapede akan ikut berikhtiar dalam membangun politik bermoral.

“Kami lewat Forsilapede akan terus membangun pesantren-pesantren sebagai basis kekuatan moral untuk pembangunan bangsa. Termasuk mempengaruhi agar politik tidak hanya mengurus duniawi saja, tetapi mengurus juga perkara moral dan nilai-nilai kemanusiaan bersama,” ujar Gus Ulil Albab.

Dengan hal tersebut, diharapkan nilai-nilai kemanusiaan tidak luntur apalagi hancur dan hilang di bangsa ini. “Inilah kerja peradaban yang perlu diperankan oleh pesantren dan parpol,” tegasnya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.