Formula E di Jakarta Ditunda, Begini Penjelasan Resminya

INTREN.ID, JAKARTA – Pelaksanaan gelaran balap mobil Formula E ditunda demi menjaga keselamatan masyarakat dari kemungkinan penyebaran virus corona (Covid-19), sejatinya Jakarta dijadwalkan menjadi tuan rumah Formula E pada Juni 2020.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memngatakan, setelah melakukan komunikasi intensif dan memantau perkembangan di seluruh dunia, diputuskan Formula E di Jakarta ditunda.

“Ini demi menjaga keselamatan, demi memastikan kesehatan warga Jakarta, karena kita menempatkan kesehatan dan keselamatan sebagai prioritas utama, maka kita memutuskan untuk menunda pelaksanaan Formula E,” kata Anies, Rabu (11/3/2020).

Anies menjelaskan, Formula E adalah kegiatan yang dihadiri oleh wisatawan internasional. Sehingga, risiko yang mungkin terjadi terlalu besar bagi Jakarta.

Khususnya bila begitu banyak wisatawan datang dari negara-negara yang memiliki kasus Covid-19.

“Kami tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian semata,” tegasnya.

- ADVERTISEMENT -

Penundaan ini lanjutnya, merupakan satu dari sederet langkah yang diambil Pemprov DKI Jakarta menyusul terus bertambahnya pasien positif Covid-19 di Indonesia.

Langkah lainnya meliputi peniadaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD), serta meninjau ulang perizinan kegiatan-kegiatan keramaian yang akan diselenggarakan di Jakarta.

“Memperhatikan beberapa faktor yang berpengaruh, misal asal peserta, jumlahnya, kegiatannya, intensitas kontaknya, dan lain-lain,” katanya.

Dari situ, lanjutnya nanti diputuskan apakah kegiatan tersebut diizinkan berjalan dengan persyaratan, atau harus ditunda, atau harus dibatalkan. (***)

Penulis: Lukman Maulana

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.