Flyover Simpangan Muara Rapak Mendesak Dibangun, Komisi III DPRD Kaltim Tinjau Lokasi Pembangunan

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Komisi III DPRD Kaltim melakukan peninjauan lokasi pembangunan jembatan layang atau flyover yang berada di simpangan Muara Rapak, Jumat (13/11/2020) pagi.

Kegiatan ini hadiri Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi beserta jajaran Komisi III DPRD Kaltim yaitu Hasanuddin Mas’ud, Andi Raja, Baba, Eddy Sunardi, dan anggota komisi III lainnya serta Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN).

Dalam kunjungan tersebut ketua Komisi III DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud menyampaikan dukungan penuh pembangunan flyover simpangan Muara Rapak yang saat ini masuk dalam pembahasan di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltim. Di mana, rencana anggarannya akan dilaksanakan secara multiyear.

“Namun dukungan tersebut harus melalui syarat dan prosedur yang berlaku sehingga rencana tersebut tidak akan menjadi masalah di kemudian hari. Oleh karena itu kami bersama anggota Komisi III DPRD Kaltim yang lain meninjau langsung lokasi yang akan dibangun flyover tersebut,” katanya.

Rizal Effendi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian Komisi III DPRD Kaltim yang mendukung rencana pembangunan flyover simpangan Muara Rapak dan sekaligus meninjau lokasi pembangunannya.

Menurut Rizal, pembangunan flyover ini merupakan penyelesaian atas permasalahan yang terjadi di simpangan Muara Rapak. “Selain kemacetan, di lokasi ini juga sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan-kendaraan besar. Sehingga sangat dibutuhkan flyover untuk mengantisipasi hal tersebut,” tutupnya.

Sebelumnya, pembahasan pembiayaan flyover simpangan Muara Rapak di APBD 2021 melalui skema multiyears contract (MYC) berjalan alot. Tidak hanya flyover, pembangunan RSUD AW Sjahranie Samarinda bernasib sama. DPRD Kaltim berkeras bahwa pemerintah harus melengkapi kajian jika proyek ingin dibiayai melalui skema MYC.

Aturan terkait kontrak tahun jamak pada pemerintah daerah telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Rencana pembangunan flyover simpangan Muara Rapak bergulir sejak 10 tahun lalu akibat rentetan kecelakaan yang terjadi sebelumnya. Desainnya adalah dua jalur dan empat lajur dengan panjang sekitar 550 meter. Anggarannya diperkirakan Rp 214,7 miliar. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.