Ferdian Paleka Dibebaskan dari Penjara, Ini Alasan Polisi

INTREN.ID, BANDUNG – Sempat mendekam di bui lantaran aksi tak terpujinya melakukan prank sembako berisi sampah, YouTuber asal Bandung Ferdian Paleka akhirnya dibebaskan polisi. Bersama kedua rekannya, Ferdian dan dua rekannya, MA dan TF kini bisa menghirup udara bebas, Kamis (4/6/2020).

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri menjelaskan, pembebasan dilakukan karena pihak korban telah mencabut laporan terhadap Ferdian. Pencabutan aduan dan laporan dari korban telah diterima satu pekan yang lalu.

“Itu menjadi dasar kami untuk mengeluarkan para tahanan,” sebut Galih.

- ADVERTISEMENT -

Pencabutan aduan itu, sambung Galih, membuat proses hukum kasus prank Ferdian Paleka juga dihentikan. Setelah sebelumnya dalam UU ITE Pasal 45 Ayat 3, tersangka dijerat berdasarkan delik aduan. Karena itu jika pelapor mencabut aduan atau laporannya, maka kasus tersebut otomatis bakal dihentikan proses hukumnya.

Ferdian Paleka sendiri ditahan sejak 8 Mei bulan lalu. Dia keluar dari tahanan dengan menggunakan topi dan memakai masker, yang disambut tim kuasa hukum serta orang tuanya.

Ferdian mengaku lega bisa terbebas dari kasus yang termasuk ke dalam pencemaran nama baik sesuai dengan Pasal 45 Ayat 3 UU ITE. Dari dugaan pelanggaran itu, polisi sebelumnya menyatakan Ferdian Paleka dapat terancam hukuman 12 tahun penjara akibat perbuatannya itu. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.